LATIHAN SOAL KELAS XII MPP
1.
Dalam proses modeling objek 3D, seorang
siswa belum memahami perbedaan vertex, edge, dan face. Guru menjelaskan bahwa
face merupakan…
a.
Titik dasar penyusun objek yang
dapat dipindahkan
b.
Garis yang menghubungkan dua
vertex
c.
Bidang permukaan yang terbentuk
dari beberapa edge
d.
Bagian objek yang tidak dapat
diubah
e.
Struktur otomatis yang dibuat oleh
Blender
2.
Ketika siswa ingin membentuk model
lebih detail, ia harus masuk ke mode tertentu dalam Blender.
Mode apa yang digunakan untuk mengubah vertex, edge, dan face?
a.
Object Mode
b.
Camera Mode
c.
Edit Mode
d.
Sculpt Mode
e.
Animation Mode
3.
Seorang siswa membuat gelas 3D dan
ingin membuat lubang bagian dalamnya dengan cepat tanpa melakukan extrude
manual. Guru menyarankan untuk memakai modifier yang memungkinkan objek saling
memotong satu sama lain dengan presisi.
Modifier yang paling tepat digunakan adalah…
a.
Boolean
b.
Mirror
c.
Array
d.
Build
e.
Remesh
4.
Seorang siswa sedang belajar
dasar-dasar pewarnaan objek di Blender. Ia sudah memilih objek yang ingin
diwarnai, tetapi ketika mencoba memberi warna, objek tidak berubah sesuai warna
yang dipilih. Guru kemudian menjelaskan bahwa proses pewarnaan objek di Blender
harus dilakukan melalui menu material, bukan hanya melalui pengaturan tampilan viewport.
Agar
objek benar-benar mendapatkan warna yang sesuai dan tampil dengan warna
tersebut saat dirender, langkah yang paling tepat adalah…
a.
Mengaktifkan mode Wireframe agar
warna lebih jelas terlihat
b.
Mengubah warna lampu pada scene
menjadi lebih terang
c.
Membuat New Material lalu
mengubah Base Color pada tab Material Properties
d.
Menghapus history modeling agar
warna bisa diterapkan
e.
Mengganti posisi kamera agar warna
tampak berbeda
5.
Dalam proses pembuatan
scene 3D, pencahayaan menjadi salah satu elemen terpenting agar objek terlihat
jelas dan hasil render tampak realistis. Seorang siswa mencoba menambahkan
cahaya pada project Blender-nya karena objek terlihat gelap saat di-render.
Namun ia hanya menambah warna pada material dan mengatur kamera, tetapi hasil
render tetap gelap. Guru kemudian menjelaskan bahwa untuk membuat pencahayaan
yang benar, siswa harus menambahkan objek lampu ke dalam scene melalui menu
Add.
Untuk menambahkan cahaya yang benar-benar berfungsi sebagai sumber penerangan
dalam Blender, langkah yang harus dilakukan adalah…
a.
Mengganti warna background agar
tampilan lebih terang
b.
Menambah objek Light
melalui menu Add → Light, lalu memilih jenis lampu seperti
Point, Sun, Spot, atau Area
c.
Mengaktifkan mode Wireframe agar
shading lebih jelas
d.
Mengubah view ke Orthographic
supaya cahaya masuk merata
e.
Menghapus objek kamera agar cahaya
bekerja optimal
Essay
1. Jelaskan fungsi utama modifier dalam proses modeling 3D.
2.
Sebutkan langkah dasar
memberi warna pada objek di Blender.
3.
Jelaskan cara menambahkan
cahaya pada scene 3D.
4.
Apa perbedaan viewport
shading dan hasil rendering?
5. Jelaskan peran kamera dalam pembuatan animasi 3D.
6. Sebutkan Software untuk membuat Animasi 3D
Analysis
1.
Perhatikan Gambar di bawah ini
Amati
gambar 3D di atas. Jelaskan secara berurutan langkah-langkah yang dapat
dilakukan untuk membuat model tersebut menggunakan Blender!
Durasi film: 3 menit.
Film ini bercerita tentang Robo,
robot mungil yang tinggal di bengkel tua di sudut kota futuristik. Suatu malam,
Robo menemukan bola cahaya kecil yang
tiba-tiba muncul dari celah lantai bengkel. Bola cahaya itu terlihat seperti
makhluk hidup—bergerak, berputar, dan memancarkan suara halus seperti sedang
memanggil Robo.
Awalnya Robo
takut, tetapi ketika bola cahaya itu menyinari tubuhnya, Robo melihat
memori-memori lamanya muncul: saat ia pertama kali dirakit oleh seorang ilmuwan
yang kini menghilang tanpa jejak. Robo merasa bola cahaya itu sedang mencoba
membawanya menuju sesuatu.
Robo mengikuti
bola cahaya keluar dari bengkel. Ia melewati lorong gelap, atap bangunan, dan
akhirnya sampai di puncak menara kota. Di tempat itu, bola cahaya berubah
menjadi bentuk holografik yang menampilkan pesan terakhir dari ilmuwan
penciptanya:
“Robo, aku
selalu percaya kamu akan menemukan jalanmu sendiri.”
Bola cahaya itu memudar, meninggalkan Robo menatap langit malam yang penuh neon. Adegan terakhir memperlihatkan Robo berlari kecil turun dari menara, siap memulai hidup baru.
Agar film bisa selesai, tim harus menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) sederhana. Berikut kebutuhan produksinya:
1. Sewa komputer
render: Rp 70.000
per jam, dipakai 10 jam.
2. Pembelian aset
3D: Rp 150.000.
3. Rekaman suara: Rp 60.000 per jam, dipakai 2 jam.
4. Konsumsi kru: Rp 20.000 per orang, jumlah kru 8 orang.
5. Transport kru: Rp 10.000 per orang, jumlah kru 8 orang.
6. Penyimpanan
cloud: Rp 40.000.
7. Biaya tak
terduga: 5% dari
total biaya sementara.
Tim memiliki dana awal sebesar Rp
2.000.000.
1.
Hitung seluruh biaya produksi per
komponen.
2.
Jumlahkan menjadi total biaya
sementara.
3.
Hitung biaya tak terduga
sebesar 5%.
4.
Tentukan total biaya akhir
produksi.
5.
Hitung apakah dana awal Rp
2.000.000 cukup atau kurang.
6.
Tentukan harga jual film
jika ingin mendapat keuntungan 20%.
Hitung berapa persen keuntungan jika film dijual dengan harga Rp 2.800.000
Tabel
1 — Perhitungan Biaya Produksi
|
No |
Komponen
Biaya |
Rumus
Perhitungan |
Total
Harga |
|
1 |
Sewa
komputer render |
70.000 ×
10 jam |
………………… |
|
2 |
Pembelian
aset 3D |
150.000 |
………………… |
|
3 |
Rekaman
suara |
60.000 ×
2 jam |
………………… |
|
4 |
Konsumsi
kru |
20.000 ×
8 orang |
………………… |
|
5 |
Transport
kru |
10.000 ×
8 orang |
………………… |
|
6 |
Penyimpanan
cloud |
40.000 |
………………… |
|
7 |
Total
Sementara (1–6) |
………………… |
………………… |
|
8 |
Biaya
tak terduga (5%) |
Total
sementara × 5% |
………………… |
|
9 |
Total
Biaya Akhir |
Total
sementara + 5% |
………………… |
Tabel 2.
Analisis Dana & Keuntungan
|
No |
Perhitungan |
Rumus |
Hasil |
|
1 |
Dana
Awal |
………………….. |
………………… |
|
2 |
Sisa
Atau Kekurangan dana |
Dana
awal – total biaya akhir |
………………… |
|
3 |
Harga
Jual dengan Keuntungan 20% |
Total biaya akhir × 120% |
………………… |
|
4 |
Prosentase
Keuntungan jika dijual Rp. 2.800.000 |
(2.800.000
– total biaya akhir) ÷ total biaya akhir × 100% |
………………… |

0 komentar:
Post a Comment