18 October 2017

Komponen Dasar sebuah website dan blog

Komponen Dasar sebuah website dan blog

1. Title


Title adalah  sebuah judul atau nama dari sebuah halaman web.

2. Nama Domain

Nama domain adalah nama alias dari sebuah website. Sebenarnya, nama asli dari setiap website itu berupa IP address yang berupa nomor acak yang unik. Nama domain disewa dari pencatat/registrar domain per tahun. nama domain juga mewakili nama sendiri, nama brand, produk maupun perusahaan.
Contoh  www.tugasmmanung.ga yang merupakan nama domain blog ini.

3. Alamat URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator. Jika sebuah halaman web kita diibaratkan dengan rumah, maka URL ini adalah alamat lengkap rumah kita. Letaknya ada di addressbar browser. Setiap Halaman web memiliki url yang unik dan berbeda. Format URL bermacam-macam. Namun, semuanya selalu diawali dengan nama domain website atau blog tersebut.

4. Link/tautan

Link adalah sebuah tombol yang menghubungkan antara halaman satu dengan yang satunya atau dari satu halaman ke situ web lainnya
Contoh :
Ini adalah link untuk kehalaman utama(tugasmmanung.ga), silahkan klik
Pengarahan link diatur dalam kode html <a href=”alamat url halaman website tujuan”>Anchor teks/ Teks yang dilink</a>.

5. Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website. Biasanya berisikan nama situs, logo dan deskripsinya. Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama dari sebuah situs.
Contoh :

  

6. Konten/Isi

Konten atau isi sebuah situs berupa informasi dan artikel tersebut . Artikel yang sedang anda baca ini juga adalah bagian dari konten. Konten adalah bagian  terpenting dari sebuah website. Konten di halaman utama sebuah wibsite biasanya adalah daftar postingan terakhir atau terbaru.
Contoh :
Konten yang berada pada dalam kotak merah.


0 komentar:

Post a Comment