3 May 2018

Mengenal Internet


Mengenal internet
Anda akan belajar mengenal teknologi internet. Sebelum memulai pembelajaran biasakan anda berdoa kepada Tuhan yang maha Esa, agar sesuatu yang anda pelajari tersebut dapat bermanfaat. Baik pembelajaran kali ini kita mulai dengan, apa itu internet? Bagaimana sejarah perkembangan internet ? tentu anda akan bertanya-tanya tentang teknologi internet tersebut.
A.      SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET
Internet kepanjangan Interconnected Network, berarti kumpulan jaringan komputer yang saling tehubung satu dengan yang lain di seluruh dunia, sehingga dapat melakukan pertukaran data dan berkomunikasi. Teknologi internet merupakan salah satu pemicu terjadinya tiap orang dari belahan bumi yang bereda dapat berkomunikasi tanpa ibatas oleh batas negara, waktu dan jarak. Perkembangan teknologi internet dapat memperlancar komunikasi antarbenua, mempermudah pertukaran ilmu pengetahuan, serta untuk transaksi kegiatan ekonomi  jarak jauh. Anda dapat menghubungkan komputer dan jaringan internet, meskipun komputer tersebut memiliki sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda menggunakan teknologi internet. Komunikasi antarjaringan tersebut dapat dilakukan , karena adanya protokol standart komunikasi internasional yang disebut dengan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Untuk lebih memahami sejarah perkembangan internet, berikut uraiannya.
1.       Sejarah Perkembangan Internet Dunia
Internet pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek bernama APRANet (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ini dimulai pada Oktober 1960 oleh Josept Licklider. APRANet mulai dikenal khalayak umum pada Oktober 1972. APRANet di pecah menjadi 2 bagian yaitu MILNet (untuk keperluan militer) dan APRANet (untuk keperluan nonmiliter. Pada tahun 1973, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar. Jaringan APRANet tersebut merupakan cikal bakal lahirnya internet
2.       Sejarah Perkembangan Internet Indonesia
Internet di Indonesia berawal dari jaringan paket radio. Tahun 1986-1987 merupakan awal perkembangan jaringan paket radio di Indonesia. Robby Soebiakto merupakan pelopor pelaku radio amatir di Indonesia, yang menghubungkan jaringan amatir Bulletin Board System (BBS). Jaringan Tersebut merupakan jaringan e-mail store and Forward, yang menghubungkan banyak server BBS amatir radio seleuruh dunia agar e-mail dapat berjalan lancar. Inspirasi awal internet di Indonesia dari kegiatan amatir radio Club (RAC) ITB tahun 1996.  Robby Soebiakto pada saat itu bekerja pada PT. USI IBM Jakarta. Robby Soebiakto menjadi koordinator IP pertama di AMPR-Net, yang dikenal dengan domain ampr.org dan IP 44.132. AMPR-Net dikoordinasikan oleh Onno W. Purbo, yang aktivasi anggotanya mengharuskan untuk menjadi anggota ORARI dan dikoordinasi melalui mailing list ORARI (orari-news@yahoogroups.com) . Perkembangan radio amatir di ITB, berawal dari teknologi radio paket 1200 bps, kemudian berkembang di tahun 1995-an dan memperoleh sambungan leased line 14,4 Kbps ke RISTI Telkom sebagai bagian dari IPTEKNET. Selanjutnya, ITB memperoleh bandwidth 1,5 Mbps ke Jepang yang terus ditambah dengan sambungan ke Telkom dengan sambungan ke TelkomNet dan IIX sbesar 2 Mbps.

0 komentar:

Post a Comment