19 May 2018

Dasar Adobe Flash


MENGENAL PERINTAH DASAR ADOBE FLASH

Pogram Adobe Flash menapilkan berbagai jenis fitur yang menarik untuk membuat animasi menjadi semakin mudah dan menarik. Adobe Flash mampu mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi sehingga tampak lebih menarik

1.         Membuka program Adobe Flash
Langkah untuk membuka program Adobe Flash, yaitu tekan tombol Start à All Program à Adobe à Adobe Flash sehingga tampak Welcome Screen seperti yang tampak pada gambar berikut :



-      Create form Template, berguna untuk membuka lembar kerja dengan template yang tersedia dalam Adobe Flash
-      Open a Recent Item, berguna untuk membuka file yang pernah disimpan atau pernah dibuka sebelumnya.
-      Create New, berguna untuk membuka lembar kerja baru dengan beberapa pilihan script yang tersedia
-    Learn, berguna untuk membuka jendela Help yang berguna untuk mempelajari suatu perintah

Jika tidak ingin menampilkan jendela Welcome Screen kembali saat memmbuka program, alihkan kotak periksa Don’t show again yang terdapat di sisi bawah dari jendela Welcome Screen . Sebagai contoh, klik ActionScript 2.0 pada bagian Create New sehingga tampak lembar kerja seperti gambar berikut :



2.       Komponen Kerja Adobe Flash
Beberapa komponen kerja program Adobe Flash telah ditampilkan sebagai tampilan standart. Masih banyak lagi komponen yang masih tersembunyi sehingga memerlukan sebuah perintah tertentu untuk bisa menampilkannya. Kita juga dapat mengatur komponen di dalam program Adobe Flash sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut ini beberapa komponen kerja dari Adobe Flash :

a.       Toolbox
merupakan sebuah panel yang menampung banyak tombol yang berguna untuk membuat sebuah desain animasi mulai dari tombol Selection, Pen Tool, Pencil, Text Tool, 3D Rotation Tool, Paint Bucket Tool, Deco Tool, Rectangle Tool dan Lain-lain.


Nama Tombol
Fungsi
Selection
Menyeleksi Tombol
Subselection
Menyeleksi bagian objek untuk di edit
Free Transform
Untuk mengubah bentuk secara bebas
Gradient Transform
Mengubah transformasi warna gradasi pada sebuah objek
3D Rotation
Meletakkan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y dan Z
Lasso
Untuk Menyeleksi sebuah objek dengan pola bebas
Pen
Menggambar objek
Line
Menggambar garis lurus
Pencil
Menggambar  bentuk goresan pensil
Deco
Untuk menggambar dengan corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic
Bone
Membuat aniasmi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada objek
Eyedropper
Untuk Mengambil sempel warna dari objek lain
Hand
Mengeser area kerja
Stroke color
Menentukan warna garis
Fill Color
Menentukan warna bidang objek
Black and White
Mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam putih
Snap to objects
Mematikan atau mengaktifkan fungsi snap to objek
Text
Mengetik teks dan paragraf
Rectangle
Untuk membuat objek kotak
Brush
Menggambar objek polesan kuas
Paint Bucket
Memberi warna bidang objek
Eraser
Untuk Menghapus Objek
Zoom
Berguna untuk mengatur besar kecilnya layar atau stage
Swap colors
Membalikkan warna antara garis dan warna objek

b.       Timeline
untuk menentukan durasi dari animasi, jumlah layer pada animasi, jumlah frame, untuk menempatkan script serta unutk keperluan animasi lainnya. Semua bentuk animasi yang dibuat akan diatur dan ditempatkan pada layer dan Timeline.

Abjad
Nama
Keterangan
A.
Layer
Lapisan objek/lapisan lembar kerja
B.
Timeline
Stage yang sedang dikerjakan
C.
Show or Hide All Layers
menampilkan semua isi dari layer atau sebaliknya
D.
Lock or Unlock All Layer
Untuk Mengunci dari semua layer atau sebaliknya
E.
Show All Layers as Outlines
Untuk Menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk garis
F.
Playhead
Jarum merah untuk membaca frame
G.
Blank Keyframe
Sebuah simbol lingkaran kosong yang berguna untuk menampung suatu objek
H
Frame
Suatu bagian layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi
I
Collapse to icons dan Close
Untuk membuka atau menutup jendela Timeline
J
Tombol Menu
Mengatur tampilan Frame
K
New Layer
Untuk membuat layer baru
L
New Folder
Untuk membuat folder baru
M
Delete
Untuk menghapus layer
N
Simbol Pensil
Menunjukan kondisi layer sedang aktif
O
Titik Show or Hide
Klik untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif
P
Titik Kunci
Klik unutk mengunci atau membuka layer yang aktif
Q
Kotak Outline
Klik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk outline
R
Controler
Untuk mengontrol animasi
S
Loop
Tombol yang digunakan untuk mengaktifkan pengulangan animasi
T
Tombol Pengatur tampilan animasi
Untuk mengatur tampilan animasi pada stage
U
Crurent Frame
Menunjukan Frame yang aktif
V
Frame Rate
Untuk Mengatur kecepatan gerakkan animasi
W
Elapsed Time
Menunjukan durasi atau lamanya animasi

c.       Stage
Sebuah lembar kerja yang berguna untuk membuat atau mendesain objek yang akan digerakan. Objek pada lembar kerja ini dapat berupa sebuah Vektor, movie Clip, Text, Button dan lain – lain

3.       Memodifikasi Tampilan Lembar Kerja
Program Adobe Flash menampilkan lembar kerja yang sangat menarik serta dapat diubah – ubah menurut selara kita. Untuk mengatur tampilan lembar kerja kita dapat melakukan hal berikut ini.
a.       Klik anak panah pada toolbox untuk melipat tampilan toolbox
b.      Klik tahan pada tepi panel color untuk mengatur lebar panel color
c.       Klik anak panah pada panel color untuk menutup uraian panel aktif
d.      Klik tombol X pada panel color untuk menutup panel
e.      Klik tombol bergaris pada bawah tombol close panel color “X” untuk membuka perintah menu
f.        Klik salah satu panel pada grup panel untuk melapas panel dari grupnya atau sebaliknya
g.       Klik icon panel untuk mengatur panel dock terpilih
h.      Klik untuk menguraikan semua dock panel


0 komentar:

Post a Comment