Latihan Soal PAS 2022 2023 Teknik Animasi 2D dan 3D
1. Hasil
dari pengolahan gambar tangan tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak
disebut dengan …..
a.
Film
b.
Movie
c.
Animasi
d.
Cinema
e.
Diorama
2. Teknik
pembuatan animasi dapat dilakukan dengan proses konvensional dan digital
berikut ini yang BUKAN merupakan kelebihan proses pembuatan animasi secara
digital dibandingkan dengan cara konvensional …..
a. Setiap
kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat
b. Dapat
dengan cepat diadakan perubahan pada gambar
c. Antara
perpindahan Gerakan pada gambar yang satu dan selanjutnya dapat degenerate
sehingga lebih sedikit membuat gambar
d. Setiap
detail kesalahan kadang – kadang harus diulang Kembali dari awal
e. Mulai
dari perencanaan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan
mempergunakan satu personal computer
3. Dalam
Bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya…
a. Memberi
jiwa, menghidupkan serta menggerakan benda mati
b. Menyembah
benda mati dan berhala
c. Makhluk
hidpu dalam golongan hewan
d. Sesuatu
yang mengasyihkan
e. Hasil
Kreativitas manusia
4. Berikut
ini merupakan kaidah – kaidah dalam pembuatan film animasi, KECUALI ….
a. Kaidah
Penciptaan Gerak
b. Kaidah
Pengaturan Waktu/Timing
c. Kaidah
Sebab Akibat
d. Kaidah
Gerak Newton
e. Kaidah
Relativitas Eintein
5. Kaidah
pengaturan waktu menurut ragam pergerakannya di bedakan menjadi 5, yang BUKAN
merupakan kaidah pengaturan waktu tersebut adalah ….
a. Konstan
b. Akselerasi
c. Deselerasi
d. Zero
e. Irreleven
6. Yang
BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah ….
a. Storyboard
dibuat untuk menjelaskan scenario secara lebih detail dari detik demi detik
b. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta suaranya
c. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta grafisnya
d. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
berserta animasi dan video yang dibutuhkannya
e. Storyboard
menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik
beserta biaya pembuatan dan nama – nama kru yang terlibat
7.
Tenik Animasi untuk
membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan
dari foto-foto, dengan mayoritastokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah
liat adalah animasi….
a.
Animasi computer
b.
Animasi stop motion
c.
Animasi computer
d. Animasi 3 dimensi
e. Animasi model
8. Nama lain dari animasi stop motion adalah….
a.
Clay motion
b.
Kartun
c.
Manga
d.
Rare motion
e.
Photo motion
9. Animasi yang dihasilkan dari penggambilangambar
berupa obyek (boneka atau yang lainnya)yang digerakkan setahap
demi setahap adalah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Stop-motion animation
d. Wayang
e.
Puppet
10. Tehnik animasi stop-motion pertama kaliditemukan oleh
Stuart Blakton pada tahun 1906;yaitu dengan
menggambar ekspresi wajahsebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambilgambarnya
dengan still camera, kemudiandihapus untuk menggambar ekspresi
wajahselanjutnya. Tehnik animasi stop-motion inipaling sering digunakan
dalam visual effect tuntuk film-film di era….
a. Tahun 40-50 an
b. Tahun 50-60 an
c. Tahun 60-70 an
d. Tahun 70-80 an
e. Tahun 90an - sekarang
11. Stop motion adalah . . .
a. Teknik Animasi menggunakan fotografi yang
pengambilan gambarnya frame by frame untuk membuat objek statis menjadi tampak
bergerak
b. Teknik animasi menggunakan Visualisasi
c. Rangkaian gambar bergerak yang berwarna
d. Animasi yang paling umum
e. Animasi terpopuler di dunia
12. Aplikasi yang digunakan untuk membuat stop motion
Kecuali adalah….
a. Movie maker
b. Video pad
c. Flash Player
d. Photo Story
e. Format factory
13. Langkah pertama untuk membuat stop motion adalah .
. . .
a. Memoter gambar
b. Menghasilkan movie maker
c. Membuat konsep
d. Membuat presentasi
e. Melakukan editing
14. Ide cerita dalam pembuatan stop motion berguna
untuk . . .
a. Mengetahui cara pembuatan stop motion
b. Mengetahui pesan yang di sampaikan pembuat stop
motion
c. Mengetahui ekspresi pembuat
d. Mengetahui biaya produksi
e. Mengetahui Proses produksi
15. Stop motion merupakan hasil ….
a. 3 dimensi
b. 2 dimensi
c. Kartun
d. Animasi
e. Karikatur
16. Dibawah ini adalah komponen – komponen storyboard
adalah, Kecuali . . . .
a. Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa
b. Bentuk(alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa
c. Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang
adegan karakter tertentu)
d. Bentuk visualisasi (3D)
e. Bentuk isi cerita yang terdapat dalam setiap gambar
17. Suatu ilmu yang berkaitan dengan keindahan, yang
mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan di sebut ….
a. Ilmu Astetik
b. Ilmu Estetika
c. Ilmu Etika
d. Ilmu Tetika
e. Ilmu Estatika
18. Format file video animasi dalam software Flash
adalah . . . .
a. .swf
b. .fla
c. .AVI
d. .mpg
e. wmv
19. Default penyimpanan file dari software flash adalah….
a. .swf
b. .fla
c. .psd
d. .cdr
e. .html
20. Animasi untuk mengubah posisi objek adalah
a. Motiontween
b. Tweening
c. Shapetwween
d. Animation
e. Movment tween
21. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis dari animasi stop motion adalah….
a. Tanah Liat (Clay)
b. Guntingan (Cutout)
c. Gambar (Graphic)
d. Aktor Hidup (Pixilation)
e. Mayat Hidup (Zombie)
22. Berikut ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion
adalah….
a. Spongebob Squarepants
b. Shaun The Sheep
c. Avatar The legend of Ang
d. d. Donald Duck
e. Transformer
23. Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu
per satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan
seterusnya. Frame dalam animasi stop motion berarti….
a. Frame adalah satuan terkecil dalam video,dan digunakan untuk menandai atau menyimpanobjek.
b. Frame adalah bingkai atau figura, sebagaipemanis tampilan dalam foto yang dipajang
c. Frame adalah kerangka dalam sebuah gambar
d. Frame adalah badan atau bagian
utama yangmenjadi fokus dalam gambar
e. Frame adalah susunan objek-objek yangmenyatu dan menjadi gambar
24. Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk membuatanimasi
yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan adalah ….
a. 65 frame
b. 15 famre
c. 1,4 frame
d. 120 frame
e. 60 frame
25. Shortcut key untuk test
movie pada flash adalah….
a. Ctrl + Z
b. Ctrl + J
c. F8
d. F9
e. Ctrl + Enter
26. Bahasa pemrograman yang biasa digunakandalam
aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….
a. PHP
b. Action Script
c. C
d. Pascal
e. Basic
27. Konsep dasar penciptaan animasi computer secara metode manual berarti….
a. mengandalkan kemampuan animator secarapenuh.
Seluruh gerakan dibuat dengan instingdan skill animator.
b. menggunakan bantuan gerak karakter aslinyadan
dipindahkan geraknya dengan alat motioncapture, kemudian di aplikasikan ke
objekdigital.
c. menggunakan penghitungan secara
fisika padaobjek yang akan di animasikan, laludisimulasikan secara realtime.
d. Menggunakan sekumpulan objek yang dapatdianimasikan
secara bersamaan membentuksebuah pola, misalnya asap,
daun berguguran,api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya
e. Menggunakan kertas gambar yang dalampembuatan sebelumnya diprogram menjadiframe di komputer, jadi yang semula kumpulangambar menjadi kumpulan frame
28. Free Transform tool pada flash digunakan untuk….
a. Mengubah bentuk obyek
b. Memberi warna
c. Membuat Garis
d. Membuat obyek berbentuk
persegi
e. Memasukkan Text
29. Yang paling tepat untuk
membuat animasi yang berubah
bentuk, menggunakan….
a. Motion tween
b. Motion path
c. Motion guide
d. Motion shape
e. Motion graphic
30. Shortcut F8 pada flash digunakan untuk.…
a. Play
b. Insert frame
c. Insert key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
31. Frame-frame yang berfungsi untukmengontrol
objek yang dibuat dalam stage atau layer
yang akan dibuat animasinya disebut….
a. Timeline
b. Stage
c. Panel
d. Property
e. Work Area / Lembar Kerja
32. Untuk menggerakkan objek sesuai
jalur yangdiinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu
digunakan….
a. Motion shape
b. Motion guide
c. Break apart
d. Motion tween
e. Keyframe
33. Properties, Filter dan parameter, Action,library,
color & align info & Transform di kelompokan ke dalam golongan….
a. Stage
b. Frame
c. Layer
d. Timeline
e. Panel
34. Menggambar garis dengan bantuan titik-titikbantu
seperti dalam pembuatan garis, kurva, atau gambar adalah fungsi dari
icon….
a. Pen Tool
b. Lasso Tool
c. Free Transform tool
d. Sub Selection tool
e. Selection tool
35. Cara menambah frame pada flash adalah ….
a. Insert > Frame
b. Delete > Frame
c. Insert > Timeline
Effects > Frame
d. Insert > Timeline >
Frame
e. Insert > Frame > Frame
36. Yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi pada layer dalam flash adalah….
a. Stage
b. Panel
c. Frame
d. Tools
e. Timeline
37. Tool untuk mengatur tampilan lembar kerja pada
flash adalah ….
a. Color
b. Options
c. Menu
d. View
e. Selection
38. Untuk melakukan pengaturan ukuran layar,warna
background, framerate, dan dimensi darianimasi yang
akan dibuat,merupakan fungsi dari….
a. Library
b. Stage
c. Menubar
d. Document Properties
e. Toolbar
39. Kita dapat memasukkan sebuah gambar kedalam stage
dengan menggunakan perintah….
a. File – Import - Import to Stage
b. File – Import –
Ctrl + R
c. File – Import – Import Video
d. File – Import –
Ctrl + R
e. File – Import – Import to library
40. Area tempat kita bekerja dan membuat objek
atau animasi disebut….
a. Options
b. Timeline
c. Panel
d. Stage
e. Property
0 komentar:
Post a Comment