LATIHAN SOAL ASAJ II 2024
MULTIMEDIA KELAS XI
1. Usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa
bergerak sendiri merupakan arti harfiah dari....
A. Animasi
B. Story board
C. Flowchart
D. Zeotrope
E. Tweening
2. Animasi untuk mengubah posisi objek adalah...
A. Motion tween
B. Tweening
C. Shape tween
D. Animation
E. Movment tween
3. Frame rate menunjukan banyaknya deretan gambar
diam dalam video yang dapat ditampilkan dalam satu detik, frame rate diukur
dalam satuan...
A. Sps
B. M/s2
C. Dpi
D. Fps
E. Byte
4. Untuk memberikan efek transparan pada objek
digunakan pengaturan color...
A. Ease out
B. Alpha
C. Beta
D. Omega
E. Radial
5. Untuk membuat objek secara bebas dengan titik
(node) sebagai penghubung merupakan fungsi tool...
A. Brush
B. Lasso
C. Pen
D. Oval
E. Eraser
6. Berikut ini yang merupakan contoh serial film
yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah….
A. Spongebob Squarepants
B. Shaun The Sheep
C. Avatar The legend of Ang
D. Donald Duck
E. Transformer
7. Animasi tradisional juga sering disebut …
karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas
mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
A. Animasi 3 Dimensi
B. Cel Animation
C. Stop Motion
D. Story Board
E. Scene
8. File yang terbentuk ketika kita merekam tugas
FLASH berekstensi ...
A. .exe
B. .fla
C. .swf
D. .gif
E. .html
9. Pembuatan tokoh pada animasi clay seperti animasi
Chicken Run dan Shaun The Sheep menggunakan media berupa....
A.
Tanah liat
B.
Kerangka besi
C.
Plastic
D.
Kertas
E.
Plasticine
10. Free Transform tool digunakan untuk ....
A. Memasukkan Text
B. Membuat obyek berbentuk persegi
C. Mengubah bentuk obyek
D. Memberi warna
E. Membuat Garis
11. Suatu perintah yang diletakan pada
suatu frame atau object sehingga frame atau object tersebut akan menjadi
interaktif adalah
A.
Properties
B.
Action script
C.
Frame
D.
Timeline
E.
Animation
12. Plug-in yang harus ada pada Mozila
Firefox agar kita dapat memutar animasi dengan ekstensi *.swf adalah….
A.
Real player
B.
Adobe acrobat
C.
Yahoo application
D.
Adobe air
E.
Adobe flash player
13. Metode untuk menetapkan kunci untuk
posisi ekstrem benda dan membiarkan computer mengisi diantara gerak dikenal
dengan istilah….
A.
Frame
B.
Keyframe
C.
Motion
D.
Blank frame
E.
Key motion
14. Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran
stage adalah ...
A. 800 X 600 pixels
B. 600 X 800 pixels
C. 550 X 400 pixels
D. 400 X 550 pixels
E. 280 X 800 pixels
15. Tahapan cara pembuatan animasi tradisional yang benar
adalah
A.
Pra
Produksi à Produksi à Pasca Produksi
B.
Pasca
Produksi à Produksi à Pra Produksi
C.
Pra
Produksi à Pasca Produksi à Produksi
D.
Produksi à Pra Produksi à Pasca Produksi
E.
Produksi à Pasca Produksi à Pra Produksi
16. Dibawah
ini perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak
adalah...
17. Alat perencanaan yang menggambarkan urutan kejadian berupa
kumpulan gambar dalam sketsa sederhana disebut...
A.
Film
B.
Storyboard
C.
Video
D.
Game
E.
Animasi
18. Dibawah
ini yang merupakan
langkah awal membuat stroryboard adalah ...
A. Membuat sketsa
B. Visual
jelas menampilkan adegan utama
C. Dirancang
menggunakan kertas
D. Memcatat point-piont penting
E. Membuat semua
uraian langkah
19. Animasi yang paling
sedederhana adalah...
A.
Blank key frame
B.
Key frame
C.
Frame
D.
Animasi rotasi
E.
Animasi frame
20. Menciptakan karakter binatang
bersifat manusia atau sebaliknya, disebut...
A.
Enthupphic
character
B.
Enthoropmoe phic
character
C.
Anthropomor phic
character
D.
Anthuroophic
character
E.
Enthrop morphic
character
21. Software yang digunakan
dalam membantu proses
scaning adalah...
A.
Eraser
B.
Corel draw
C.
Adobe light room
D.
Adobe photoshop
E.
Pic 5 art
22. Fungsi dari mask adalah...
A.
Menutupi suatu layer
B.
Membuat animasi
perubahan bentuk
C.
Mengurangi
pekerjaan menggambar dan meminimal ukuran file
D.
Menampilkan bidang
yang tertutup
E.
Menggerakan objek
dari suatu titik ke titik lainnya
23. Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek ke objek lain,
sehingga terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang di tutupi. Merupakan
definsi dari ….
A.
Animasi shape
B.
Animasi blink
C.
Animasi rotasi
D.
Animasi masking
E.
Animasi blink
24.
Perhatikan Gambar berikut !
Gambar di
atas adalah prinsip animasi...
A. Anticipation
B. Straight
Ahead
C. Pose to pose
D. Staging
E.
Sguash and stretch
25. Yang merupakan satuan terkecil dalam
video adalah...
A.
Frame
B.
Animasi
C.
Motion path
D.
Key frame
E.
Animasi frame
26. Di bawah ini prinsip animasi yang
digunakan untuk membuat ilusi seberapa keras permukaan sebuah benda yaitu...
27. Dibawah
ini yang tidak termasuk kepekaan yang harus dimiliki seorang animator adalah...
A. Anatomi
B. Komposisi
C. Timming
D. Berat
E. Keseimbangan
28. Perhatikan
gambar di bawah ini !
Fungsi
dari viewport shading adalah…
A. Mengubah
tampilan objek solid ke tampilan mode kerangka (wireframe)
B. Mengubah
posisi mode objek 3D luar
C. Memuat
berbagai perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis
D. Digunakan
saat memuat animasi
E. Memberikan
informasi mengenai file yang sedang dikerjakan
29. Pertemuan
sedikitnya dua vertex. Merupakan pengertian dari…
A.
Vertex
B.
Edge
C.
Face
D.
Info window
E.
Toolbar
30. Perangkat
lunak yang dapat digunakan untuk membuat model sculpt adalah…
A. Box, cone,
pyramid
B. Sphere,
maya, plane
C. 2
brush, 3D max, maya
D. Blender, cylinder,
tours
E. Tube,
3D max, box
A.
Preview
B.
Shading
C.
Specular
D.
Diffuse
E.
Transparency
32. Pada
storyboard biasanya terdapat durasi waktu, bila tertulis 3 sec artinya…
A. 3x60
FPS = 120 Frame
B. 3x24
FPS = 72 Frame
C. 3x12
= 36 Frame
D. 3x3
= 9 Frame
E. 3
FPS x 24 = 72 Frame
33. Faktor
yang membuat animasi 3D menjadi hidup dan semakin real adalah…
A. Lighting
B. Modeling
C. Sound
D. Back Sound
E. Pendukung
34. Aplikasi
yang dapat digunakan untuk pembuatan animasi
adalah…
A.
Draw
B.
Corel Draw
C.
Photoshop
D.
Adobe Premier
E.
Blender
35. Salah
satu jenis objek pada blender adalah…
A. Curve
B. Translate
C. Rotate
D. Scale
E. Object mode
36. Perhatikan
pernyataan berikut !
1. Box
2. Cube
3. Cone
4. Pyramid
5. Sphere
6. Tours
7. Cylinder
8. Plane
Pernyataan
di atas merupakan…
A. Macam-macam objek standard primitive
B. Contoh-contoh objek standard primitive
C. Sifat-sifat objek standard primitive
D. Karakteristik objek standard primitive
E. Fungsi-fungsi objek standard primitive
37. Suatu
proses permodelan 3D membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D disebut…
A. Teksture
B. UV Mapping
C. Mapping
D. UV
E. Viewport
38. Sitem
partikel pada blender,yaitu…
A. Cepat,murah,dan kuat
B. Fleksibel,kuat,dan mudah
C. Singkat,kuat,dan cepat
D. Cepat,fleksibel,dan kuat
E. Lambat,dan lemah
39. Mengatur
posisi dan arah kamera harus di viewport prespective, merupakan fungsi dari…
A. Lock
camera to view
B. Drag
camera to view
C. Walk Navigation
D. Fly Navigation
E. Drag Camera
40. Berikut
ini yang bukan contoh efek pada animasi 3 dimensi,adalah…
A.
Nyala api
B.
Asap
C.
Ledakan
D.
Debu
E.
Orang terbang
I.
ESSAY
1.
Macam – macam Perangkat Lunak untuk pembuatan Animasi 2D
dan 3D, sebutkan masing – masing minimal 3!
2.
Jelaskan yang dimaksud dari gambar 2D dan 3D !
3.
Sebutkan langkah-langkah membuat objek 3D tabung pada
aplikasi Blender!
0 komentar:
Post a Comment