20 May 2024

LATIHAN SOAL ASAJ II MULTIMEDIA KELAS XI 2024

 LATIHAN SOAL ASAJ II 2024

MULTIMEDIA KELAS XI

1.      Usaha untuk menggerakan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri merupakan arti harfiah dari....

A.    Animasi

B.     Story board

C.     Flowchart

D.    Zeotrope

E.     Tweening

2.      Animasi untuk mengubah posisi objek adalah...

A.    Motion tween

B.     Tweening

C.     Shape tween

D.    Animation

E.     Movment tween

3.      Frame rate menunjukan banyaknya deretan gambar diam dalam video yang dapat ditampilkan dalam satu detik, frame rate diukur dalam satuan...


A.    Sps

B.     M/s2

C.     Dpi

D.    Fps

E.     Byte


4.      Untuk memberikan efek transparan pada objek digunakan pengaturan color...


A.    Ease out

B.     Alpha

C.     Beta

D.    Omega

E.     Radial


5.      Untuk membuat objek secara bebas dengan titik (node) sebagai penghubung merupakan fungsi tool...


A.    Brush

B.     Lasso

C.     Pen

D.    Oval

E.     Eraser


6.      Berikut ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah….


A.    Spongebob Squarepants

B.     Shaun The Sheep

C.     Avatar The legend of Ang

D.    Donald Duck

E.     Transformer


7.      Animasi tradisional juga sering disebut … karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.


A.    Animasi 3 Dimensi

B.     Cel Animation

C.     Stop Motion

D.    Story Board

E.     Scene


8.      File yang terbentuk ketika kita merekam tugas FLASH berekstensi ...


A.    .exe

B.     .fla

C.     .swf

D.    .gif

E.     .html


9.      Pembuatan tokoh pada animasi clay seperti animasi Chicken Run dan Shaun The Sheep menggunakan media berupa....


A.    Tanah liat

B.     Kerangka besi

C.     Plastic

D.    Kertas

E.     Plasticine


10.  Free Transform tool digunakan untuk ....


A.    Memasukkan Text

B.     Membuat obyek berbentuk persegi

C.     Mengubah bentuk obyek

D.    Memberi warna

E.     Membuat Garis


11.  Suatu perintah yang diletakan pada suatu frame atau object sehingga frame atau object tersebut akan menjadi interaktif adalah


A.    Properties

B.     Action script

C.     Frame

D.    Timeline

E.     Animation 


12.  Plug-in yang harus ada pada Mozila Firefox agar kita dapat memutar animasi dengan ekstensi *.swf adalah….


A.    Real player

B.     Adobe acrobat

C.     Yahoo application

D.    Adobe air

E.     Adobe flash player


13.  Metode untuk menetapkan kunci untuk posisi ekstrem benda dan membiarkan computer mengisi diantara gerak dikenal dengan istilah….


A.    Frame

B.     Keyframe

C.     Motion

D.    Blank frame

E.     Key motion


14.  Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ...


A.    800 X 600 pixels

B.     600 X 800 pixels

C.     550 X 400 pixels

D.    400 X 550 pixels

E.     280 X 800 pixels


15.  Tahapan cara pembuatan animasi tradisional yang benar adalah

A.    Pra Produksi à Produksi à Pasca Produksi

B.     Pasca Produksi à Produksi à Pra Produksi

C.     Pra Produksi à Pasca Produksi à Produksi

D.    Produksi à Pra Produksi à Pasca Produksi

E.     Produksi à Pasca Produksi à Pra Produksi

16.  Dibawah ini perangkat yang menciptakan citra gambar bergerak adalah...





17.  Alat perencanaan yang menggambarkan urutan kejadian berupa kumpulan gambar dalam sketsa sederhana disebut...


A.    Film

B.     Storyboard

C.      Video

D.    Game

E.     Animasi


18.  Dibawah ini yang merupakan langkah awal membuat stroryboard adalah ...


A.    Membuat sketsa

B.     Visual jelas menampilkan adegan utama

C.     Dirancang menggunakan kertas

D.    Memcatat point-piont penting

E.     Membuat semua uraian langkah


19.  Animasi yang paling sedederhana adalah...


A.    Blank key frame

B.      Key frame

C.     Frame

D.    Animasi rotasi

E.      Animasi frame


20.  Menciptakan karakter binatang bersifat manusia atau sebaliknya, disebut...


A.    Enthupphic character

B.     Enthoropmoe phic character

C.     Anthropomor phic character

D.     Anthuroophic character

E.     Enthrop morphic character


21.  Software yang digunakan dalam membantu proses scaning adalah...


A.    Eraser

B.     Corel draw

C.     Adobe light room

D.    Adobe photoshop

E.     Pic 5 art


22.  Fungsi dari mask adalah...

A.    Menutupi suatu layer

B.     Membuat animasi perubahan bentuk

C.     Mengurangi pekerjaan menggambar dan meminimal ukuran file

D.    Menampilkan bidang yang tertutup

E.     Menggerakan objek dari suatu titik ke titik lainnya

23.  Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek ke objek lain, sehingga terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang di tutupi. Merupakan definsi dari ….

A.    Animasi shape

B.     Animasi blink

C.     Animasi rotasi

D.    Animasi masking

E.     Animasi blink

24.  Perhatikan Gambar berikut !

Gambar di atas adalah prinsip animasi...

            
      

A.       Anticipation

B.       Straight Ahead

C.        Pose to pose

D.       Staging

E.        Sguash and stretch


25.  Yang merupakan satuan terkecil dalam video adalah...


A.    Frame

B.     Animasi

C.     Motion path

D.    Key frame

E.     Animasi frame


26.  Di bawah ini prinsip animasi yang digunakan untuk membuat ilusi seberapa   keras permukaan sebuah benda yaitu...

      

27.  Dibawah ini yang tidak termasuk kepekaan yang harus dimiliki seorang    animator adalah...


A.    Anatomi

B.     Komposisi

C.      Timming

D.    Berat

E.     Keseimbangan


28.  Perhatikan gambar di bawah ini !



Fungsi dari viewport shading adalah…

A.    Mengubah tampilan objek solid ke tampilan mode kerangka (wireframe)

B.     Mengubah posisi mode objek 3D luar

C.     Memuat berbagai perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis

D.    Digunakan saat memuat animasi

E.     Memberikan informasi mengenai file yang sedang dikerjakan

29.  Pertemuan sedikitnya dua vertex. Merupakan pengertian dari…


A.    Vertex

B.     Edge

C.     Face

D.    Info window

E.     Toolbar


30.  Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat model sculpt adalah…


A.    Box, cone, pyramid

B.     Sphere, maya, plane

C.     2 brush, 3D max, maya

D.    Blender, cylinder, tours

E.     Tube, 3D max, box


31.  Perhatikan gambar di bawah ini!


       

Gambar diatas merupakan tampilan…


A.    Preview

B.     Shading

C.     Specular

D.    Diffuse

E.     Transparency


32.  Pada storyboard biasanya terdapat durasi waktu, bila tertulis 3 sec artinya…


A.    3x60 FPS = 120 Frame

B.     3x24 FPS = 72 Frame

C.     3x12 = 36 Frame

D.    3x3 = 9 Frame

E.     3 FPS x 24 = 72 Frame


33.  Faktor yang membuat animasi 3D menjadi hidup dan semakin real adalah…


A.    Lighting

B.     Modeling

C.     Sound

D.    Back Sound

E.     Pendukung


 

34.  Aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan animasi adalah…


A.    Draw

B.     Corel Draw

C.     Photoshop

D.    Adobe Premier

E.     Blender


35.  Salah satu jenis objek pada blender adalah…


A.    Curve

B.     Translate

C.     Rotate

D.    Scale

E.     Object mode


36.  Perhatikan pernyataan berikut !


1.      Box

2.      Cube

3.      Cone

4.      Pyramid

5.      Sphere

6.      Tours

7.      Cylinder

8.      Plane


Pernyataan di atas merupakan…

A.    Macam-macam objek standard primitive

B.     Contoh-contoh objek standard primitive

C.     Sifat-sifat objek standard primitive

D.    Karakteristik objek standard primitive

E.     Fungsi-fungsi objek standard primitive

37.  Suatu proses permodelan 3D membuat gambar 2D mewakili sebuah model 3D disebut…


A.    Teksture

B.     UV Mapping

C.     Mapping

D.    UV

E.     Viewport


38.  Sitem partikel pada blender,yaitu…


A.    Cepat,murah,dan kuat

B.     Fleksibel,kuat,dan mudah

C.     Singkat,kuat,dan cepat

D.    Cepat,fleksibel,dan kuat

E.     Lambat,dan lemah


39.  Mengatur posisi dan arah kamera harus di viewport prespective, merupakan fungsi dari…


A.    Lock camera to view

B.     Drag camera to view

C.     Walk Navigation

D.    Fly Navigation

E.     Drag Camera


40.  Berikut ini yang bukan contoh efek pada animasi 3 dimensi,adalah…

A.     Nyala api

B.      Asap

C.      Ledakan

D.     Debu

E.      Orang terbang

 

I.              ESSAY

1.      Macam – macam Perangkat Lunak untuk pembuatan Animasi 2D dan 3D, sebutkan masing – masing minimal 3!

2.      Jelaskan yang dimaksud dari gambar 2D dan 3D !

3.      Sebutkan langkah-langkah membuat objek 3D tabung pada aplikasi Blender!

0 komentar:

Post a Comment