1.
Dalam Adobe Flash, timeline digunakan untuk:
a. Membuat objek
b.
Menyusun dan
mengatur animasi frame-by-frame
c. Mengatur warna
d. Menambahkan teks
e. Mengatur resolusi
2. Apa fungsi
dari "keyframe" dalam animasi Flash?
a. Memasukkan teks
b. Menentukan titik awal atau perubahan dalam
animasi
c. Menghapus frame
d. Mengatur ukuran layer
e. Menambahkan audio
3. Di Adobe
Flash, shortcut "Ctrl+Enter" digunakan untuk:
a. Memulai animasi
b. Menghapus objek
c. Mengekspor file
d. Menyimpan proyek
e. Memotong audio
4. Tool yang
digunakan untuk menggambar bentuk bebas di Adobe Flash adalah:
a. Rectangle Tool
b. Free Transform Tool
c. Pencil Tool
d. Text Tool
e. Eraser Tool
5. Apa yang
dimaksud dengan “Tweening” dalam Adobe Flash?
a. Teknik untuk menggambar objek
b. Teknik untuk menciptakan transisi
antara dua keyframe
c. Alat untuk menambahkan teks
d. Proses mengatur warna
e. Mengatur suara
6. "Shape
Tween" digunakan untuk:
a. Mengubah ukuran frame
b. Membuat animasi perubahan bentuk
objek
c. Menambahkan suara latar
d. Mengatur warna
e. Menggabungkan audio dan video
7. Apa fungsi dari
"Library" di Adobe Flash?
a. Mengedit warna objek
b. Menyimpan semua asset seperti
gambar, audio, dan simbol
c. Memotong animasi
d. Menambah efek bayangan
e. Menghapus objek
8. Teknik animasi
"frame-by-frame" berarti:
a. Animasi dibuat dengan mengubah
objek setiap frame
b. Objek bergerak otomatis
c. Suara diputar berulang
d. Hanya menggunakan satu frame
e. Hanya menambah warna pada objek
9. Perbedaan
utama antara "Shape Tween" dan "Motion Tween" adalah:
a. Shape Tween digunakan untuk objek
bitmap
b. Motion Tween untuk pergerakan
objek simbol
c. Shape Tween tidak bisa digunakan
di timeline
d. Motion Tween untuk mengubah bentuk
objek
e. Shape Tween hanya mengatur warna
10. Untuk
menambahkan teks pada Adobe Flash, kita menggunakan:
a. Text Tool
b. Brush Tool
c. Eraser Tool
d. Lasso Tool
e. Free Transform Tool
11. Fungsi dari
“Stage” dalam Adobe Flash adalah:
a. Menyusun objek di luar layar
b. Area kerja tempat animasi terlihat
dan diputar
c. Menyimpan file proyek
d. Membuat sound effect
e. Menambah warna pada objek
12. Apa yang
dimaksud dengan “Symbol” dalam Adobe Flash?
a. Objek statis
b. Objek khusus yang bisa digunakan
ulang dalam animasi
c. Hanya untuk menambah audio
d. Frame dalam timeline
e. Filter warna
13. Jika kita
ingin menghapus garis di Adobe Flash, tool yang digunakan adalah:
a. Brush Tool
b. Eraser Tool
c. Pencil Tool
d. Pen Tool
e. Paint Bucket Tool
14. Shortcut untuk
menambah keyframe baru adalah:
a. Ctrl+S
b. F5
c. F6
d. F8
e. Ctrl+Z
15. “Onion Skin”
adalah fitur yang berfungsi untuk:
a. Menambahkan filter
b. Melihat frame sebelumnya dan
berikutnya secara bersamaan
c. Mengubah warna
d. Menghapus objek
e. Mengatur resolusi
16. Tool yang
digunakan untuk memutar atau mengubah ukuran objek adalah:
a. Free Transform Tool
b. Hand Tool
c. Pencil Tool
d. Zoom Tool
e. Pen Tool
17. Dalam animasi
Flash, "FPS" adalah singkatan dari:
a. Frames Per Screen
b. Frames Per Second
c. Flash Processing Speed
d. Fast Processing Screen
e. Frames Per Stage
18. Proses
menggabungkan beberapa objek menjadi satu objek dalam Flash disebut:
a. Grouping
b. Layering
c. Linking
d. Masking
e. Onion Skin
19. Untuk memotong
gambar atau objek di Adobe Flash, tool yang digunakan adalah:
a. Eraser Tool
b. Lasso Tool
c. Brush Tool
d. Hand Tool
e. Paint Bucket Tool
20. Apa fungsi
dari “Layer” dalam Adobe Flash?
a. Menyimpan animasi
b. Mengatur urutan objek yang tampil
di Stage
c. Menambahkan filter
d. Menambah keyframe
e. Menghapus animasi
21. Yang dimaksud
dengan Animasi 2D …….
a. Animasi yang menggunakan teknologi
tiga dimensi
b. Animasi yang dibuat dengan gambar
statis
c. Animasi yang bergerak dalam dua
dimensi (x dan y)
d. Animasi tanpa pergerakan
e. Animasi dengan efek suara
22. Animasi
stop-motion dibuat dengan cara:
a. Menggambar langsung di komputer
b. Merekam objek dalam pergerakan
nyata
c. Mengambil gambar tiap pergerakan
kecil objek
d. Menyambungkan adegan video
e. Menggunakan komputer untuk membuat
semua pergerakan
23. Animator
terkenal asal Jepang yang mendirikan Studio Ghibli adalah:
a. Walt Disney
b. Hayao Miyazaki
c. Osamu Tezuka
d. Akira Toriyama
e. Isao Takahata
24. Dalam animasi,
storyboard digunakan untuk:
a. Mengatur efek suara
b. Menambahkan warna
c. Membuat sketsa alur cerita dalam
bentuk gambar
d. Mengatur kecepatan animasi
e. Mengedit audio
25. Apa yang dimaksud
dengan "cel animation"?
a. Animasi dengan komputer
b. Animasi tanpa pergerakan
c. Animasi yang digambar di lembaran
transparan
d. Animasi dengan kamera digital
e. Animasi yang diputar dengan
proyektor
26. Teknik animasi
"squash and stretch" digunakan untuk:
a. Membuat karakter lebih realistik
b. Memberi kesan kelenturan dan
volume
c. Mengatur warna objek
d. Membuat latar belakang
e. Menambah suara latar
27. Pergerakan
karakter animasi yang terlihat realistis disebut:
a. Surreal motion
b. Natural movement
c. Frame-by-frame
d. Follow-through
e. Dynamic movement
28. Animasi
komputer pertama yang sukses secara komersial adalah:
a. The Simpsons
b. Toy Story
c. Finding Nemo
d. Snow White
e. Shrek
29. Render adalah
proses untuk:
a. Menghapus objek dari animasi
b. Menyimpan file
c. Mengubah gambar mentah menjadi
gambar jadi
d. Menambah keyframe
e. Mengatur resolusi layar
30. Frame rate
dalam animasi diukur dalam:
a. Pixels per frame
b. Seconds per frame
c. Frames per second (FPS)
d. Pixels per second
e. Seconds per pixel
31. Prinsip
animasi “anticipation” bertujuan untuk:
a. Membuat gerakan lebih menarik
b. Menambah durasi animasi
c. Menampilkan gerakan langsung
d. Menyusun skenario
e. Menghapus efek bayangan
32. Apa yang
dimaksud dengan “looping” dalam animasi?
a. Menambahkan gerakan acak
b. Mengulang adegan secara
terus-menerus
c. Menghapus gerakan
d. Menambah keyframe
e. Menyesuaikan warna
33. Pixar adalah
perusahaan yang terkenal dalam bidang:
a. Musik
b. Pembuatan efek suara
c. Animasi 3D
d. Lukisan manual
e. Fotografi
34. Untuk membuat
gerakan lebih halus, animator biasanya menambah:
a. Keyframe
b. Background
c. Blur
d. Scene
e. Shadow
35. "Tweening"
adalah teknik untuk:
a. Menambah suara
b. Membuat transisi antara dua frame
c. Menghapus objek
d. Memperbesar objek
e. Mengatur resolusi layar
36. Animasi yang
dikembangkan tanpa menggunakan komputer disebut:
a. CGI
b. Tradisional
c. Digital
d. Modern
e. 3D
37. Jika animasi
terlalu cepat, cara untuk memperlambatnya adalah dengan:
a. Mengurangi keyframe
b. Menambah frame per detik (FPS)
c. Mengurangi frame per detik (FPS)
d. Menghapus objek
e. Menambah warna
38. Animasi yang
menggunakan garis untuk menggambar karakter disebut:
a. Digital
b. Cel-shading
c. Sketch animation
d. Rotoscoping
e. Line animation
39. Apa yang
dimaksud dengan rotoscoping?
a. Menganimasi dengan objek nyata
b. Menggambar ulang adegan nyata
frame by frame
c. Menggunakan 3D untuk membuat
karakter
d. Mengubah warna background
e. Menambah keyframe
40. Anime berasal
dari negara:
a. Amerika
b. Jepang
c. Korea
d. Prancis
e. Cina
0 komentar:
Post a Comment