LATIHAN SOAL KELAS XI DKV
1.
Sebuah UMKM ingin membuat
label kemasan baru. Desainer menggunakan CorelDRAW untuk mengatur tata letak,
tetapi ketika dicetak, teks utama terlihat pecah.
Pertanyaan: Apa penyebab paling mungkin dari masalah tersebut?
a.
Desain dibuat dalam mode warna
CMYK
b.
Outline pada teks terlalu tipis
c.
Teks tidak di-convert to
curves sebelum dicetak
d.
File disimpan dalam format PDF
e.
Dokumen menggunakan ukuran A4
2.
Saat merancang poster
konser, seorang siswa memilih kombinasi huruf sans-serif tebal untuk judul dan
serif tipis untuk detail acara. Namun guru menilai hierarki visualnya tidak
jelas.
Pertanyaan: Apa langkah yang paling tepat untuk memperbaiki hierarki visual?
a.
Menghapus warna latar agar
tipografi lebih sederhana
b.
Menyamakan ukuran seluruh teks
untuk konsistensi
c.
Memperbesar ukuran judul dan
meningkatkan kontras warna
d.
Mengganti huruf sans-serif menjadi
script
e.
Menurunkan ketebalan huruf pada
judul
3.
Dalam CorelDRAW, seorang
siswa membuat desain banner ukuran besar. Saat diperbesar, gambar latar menjadi
pecah.
Apa
solusi tepat untuk permasalahan tersebut?
a.
Mengaktifkan fitur pixel snap
b.
Menggunakan gambar berbasis vektor
sebagai latar
c.
Menurunkan dpi dokumen menjadi
lebih kecil
d.
Mengganti mode warna ke RGB
e.
Menambahkan drop shadow
pada gambar
4.
Saat membuat poster, kamu
merasa tampilannya “kurang enak dilihat” karena banyak elemen yang seperti
saling berebut perhatian. Prinsip apa yang paling membantu supaya satu bagian
bisa terlihat lebih penting dari yang lain?
a.
Keseimbangan
b.
Penekanan (Emphasis)
c.
Pengulangan
d.
Keselarasan
e.
Irama
5.
Ketika membuat logo,
ternyata bentuknya jadi tidak jelas saat diperkecil untuk dipakai di profil
media sosial. Apa yang harus diperbaiki?
a.
Warnanya
b.
Bentuknya
c.
Skalanya
d.
Ketebalan Garis
e.
Detail Kecilnya
6.
Saat memotret objek
bergerak cepat, hasil foto tampak blur. Pengaturan kamera yang harus diperbaiki
adalah…
a.
ISO
b.
Aperture
c.
White balance
d.
Shutter speed
e.
Metering mode
7.
Dalam pencahayaan fotografi
three-point lighting, lampu yang berfungsi mengurangi bayangan pada
wajah adalah…
a.
Key light
b.
Back light
c.
Fill light
d.
Spot light
e.
Hard light
8.
Seorang siswa ingin membuat
video wawancara tanpa noise. Peralatan yang paling tepat adalah…
a.
Built-in mic
b.
Shotgun mic
c.
Zoom lens
d.
Mini tripod
e.
Ring light
9.
Untuk menghasilkan latar
belakang blur (bokeh), pengaturan kamera yang penting adalah…
a.
ISO tinggi
b.
Aperture besar (angka f kecil)
c.
Shutter speed tinggi
d.
White balance cloudy
e.
Mode autofocus continuous
10. Fungsi storyboard dalam pembuatan video adalah…
a.
Menentukan ukuran file
b.
Membuat desain poster
c.
Menyusun urutan gambar sebelum
proses produksi
d.
Mengatur warna video
e.
Mengatur format export
Esaay
1.
Sebuah logo
harus terlihat sama baik saat dipakai di media sosial, dicetak di kertas,
maupun di kaos. Jelaskan secara singkat apa saja yang perlu diperhatikan
desainer agar logo tetap konsisten di semua tempat tersebut.
2.
Mengapa poster
perlu memakai warna yang kontras?
3.
Apa bedanya kerning
dengan leading
dalam tulisan?
4.
Sebutkan dua
hal sederhana yang harus dicek sebelum file desain dicetak.
5.
Apa arti brand
guideline dalam dunia desain?
6.
Mengapa shutter
speed berpengaruh pada hasil video saat merekam gerakan?
7.
Jelaskan tiga
bagian dari three-point lighting dan fungsinya.
8.
Sebutkan
kesalahan umum saat perekaman audio video dan cara mengatasinya.
9.
Untuk apa storyboard digunakan dalam
videografi?
10.
Apa yang
terjadi jika editing video tidak memperhatikan ritme (pacing)?
Analysis
1.
Sebuah desain
poster ekstrakurikuler sekolah terlihat kurang menarik: warna kurang jelas,
teks menumpuk, dan gambar utama tidak menonjol.
Analisis tiga kesalahan desain yang terjadi dan berikan saran sederhana untuk
memperbaikinya.
2.
Buatlah
Storyboard dari cerita di bawah ini
“Sahabat Baru di Kelas” Hari pertama masuk sekolah, Lani,
siswi baru, duduk di kelas dengan wajah canggung. Ia melihat semua siswa
tampak saling mengenal, sementara ia belum punya teman. “Hai, kamu Lani, kan? Aku Mira. Selamat
datang di kelas kita!” kata Mira tersenyum. Mira lalu menunjukkan buku jadwal. Saat istirahat, mereka makan bersama. Pelajaran berikutnya dimulai, dan Lani tersenyum
karena sudah merasa lebih nyaman. Hari itu ia sadar bahwa ia telah
menemukan sahabat baru yang membuat
sekolah terasa lebih hangat.
Tak lama kemudian, seorang siswi ceria bernama Mira
duduk di sebelahnya.
“Iya…
makasih. Aku masih bingung ini kelas apa dan jadwalnya bagaimana,”
jawab Lani pelan.
“Tenang,
nanti aku tunjukin. Kantin juga deket, nanti istirahat bareng ya!”
“Kamu
suka gambar?” tanya Lani.
“Iya!
Aku juga suka bikin video pendek!” sahut Mira.
0 komentar:
Post a Comment