ANIMASI MELELEH
Assalamualaikum Wr. Wb
Pada kesempatan kali ini saya
akan mencoba membahas tentang bagaimana membuat animasi menggunakan 3D max. apa
itu sih 3D Max ?
3D max perangkat lunak grafik vektor
3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment.
untuk kesempatan ini saya akan membahas tentang pembuatan animasi meleleh.
1. Membuat
Objek
Dalam pembuatan animasi ini, kita akan membuat sebuah aniamsi
yang meleleh. dimulai dengan tahap membuat objek utama, memberi material,
menembah partikel serta memberi animasi pada objek.
a. Aktif
viewport top. Selanjutnya buat objek geometri teapot dengan nilai Radius = 18
dan Segment 10
b. Aktivkan
viewport left. klik Select and Move, buka panel Hierarcy kemudian aktifkan
Affect Pivot Only
c. Pastikan
Pivot objek teapot berada didasar objek, jika belum maka geser pivot ke arah
bawah
d. Aktifkan
panel Modify klik Modifier list dan pilih Melt untuk memberi modifikasi objek
e. buka
rollout parameters, selanjutnya atur parameter Melt dengan ketentuan : Amount =
100, Spread = 35, Solidity = Glass dan Axis to Melt = Z
f. Selanjutnya
memberikan animasi pada Melt. Klik Auto Key untuk mengawali pembuatan animasi
secara otomatis
g. Geser
slider ke frame 100
h. Ubah nilai
parameter Melt dengan nilai Amount = 0 untuk mengambil objek bentuk semula
i. Klik Auto
key untuk mengakhiri pembuatan animasi
Setelah selesaimebuat
objek selanjutnya mari kita membuat partikel
A. Membuat
Partikel
Partikel ini digunakan untuk membuat animsi cairan yangbergerak
menuju objek teapot yang meleleh.
ikuti langkah berikut untuk membuat partikel
1. Aktifkan
panel Create --> Geometry --> Particle Systems
2. Klik PF
Source kemudian buatlah objek PF Source --> di viewport top
3. tekan 6
untuk menampilkan jendela Particle View
4. Klik Birth
001 dalam daftar Event 001, kemudian atur parameter pada rollout Birth 001
untuk menentukan jumlah partikel dengan nilai Emit Start = 0, Emit Stop = 0 dan
Amount = 125
5. Klik Speed
001 dalam daftar Event 001, tekan
Deelete untuk menghapusnya.
6. Pilih Find
Target dari depot kemudian geser di atas Rotation 001 dalam Event 001 untuk
menambahkan Find Target dan menghapus Rotation.
7. Buka Rollout
Find Target 001, atur tatanan pada bagian Color By Speed untuk menembahkan
kecepatan gerakan partikel.
8. Atur Ponit
Close Surface dan aktifkan Icon untuk membuat gerakan partikel selalu mendaftar
dan menuju pusat icon
9. Klik dan dan
seret operator Delete dari depot masuk ke dalam event Display untuk membentuk
event baru yaitu Event 002.
10.
Geser titik lingkaran kecil di samping Find target
001, geser ke lingkaran event 002 untuk menghubungkan antar event sehingga
setiap partikel yang sudah sampai di ikon find target 001 akan di hapus.
11.
Klik Event 001 hingga warnanya berubah menjadi putih.
Klik kanan event 001 dan pilih Properties.
12.
Nonaktifkan pilihan Renderable dan kl;ik OK agar
pertikel tidak ikut dirender
0 komentar:
Post a Comment