4 May 2018

Membuat Animasi Meleleh menggunakan 3D mAx


ANIMASI MELELEH


Assalamualaikum Wr. Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang bagaimana membuat animasi menggunakan 3D max. apa itu sih 3D Max ?
3D max  perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment. untuk kesempatan ini saya akan membahas tentang pembuatan animasi meleleh.
1.     Membuat Objek
Dalam pembuatan animasi ini, kita akan membuat sebuah aniamsi yang meleleh. dimulai dengan tahap membuat objek utama, memberi material, menembah partikel serta memberi animasi pada objek.

a.     Aktif viewport top. Selanjutnya buat objek geometri teapot dengan nilai Radius = 18 dan Segment 10
b.     Aktivkan viewport left. klik Select and Move, buka panel Hierarcy kemudian aktifkan Affect Pivot Only
c.      Pastikan Pivot objek teapot berada didasar objek, jika belum maka geser pivot ke arah bawah
d.     Aktifkan panel Modify klik Modifier list dan pilih Melt untuk memberi modifikasi objek
e.      buka rollout parameters, selanjutnya atur parameter Melt dengan ketentuan : Amount = 100, Spread = 35, Solidity = Glass dan Axis to Melt = Z
f.       Selanjutnya memberikan animasi pada Melt. Klik Auto Key untuk mengawali pembuatan animasi secara otomatis
g.     Geser slider ke frame 100
h.     Ubah nilai parameter Melt dengan nilai Amount = 0 untuk mengambil objek bentuk semula
i.       Klik Auto key untuk mengakhiri pembuatan animasi

Setelah  selesaimebuat objek selanjutnya mari kita membuat partikel
A.   Membuat Partikel
Partikel ini digunakan untuk membuat animsi cairan yangbergerak menuju objek teapot yang meleleh.
ikuti langkah berikut untuk membuat partikel
1.     Aktifkan panel Create --> Geometry --> Particle Systems
2.     Klik PF Source kemudian buatlah objek PF Source --> di viewport top
3.     tekan 6 untuk menampilkan jendela Particle View
4.     Klik Birth 001 dalam daftar Event 001, kemudian atur parameter pada rollout Birth 001 untuk menentukan jumlah partikel dengan nilai Emit Start = 0, Emit Stop = 0 dan Amount = 125
5.     Klik Speed 001 dalam  daftar Event 001, tekan Deelete untuk menghapusnya.
6.     Pilih Find Target dari depot kemudian geser di atas Rotation 001 dalam Event 001 untuk menambahkan Find Target dan menghapus Rotation.
7.     Buka Rollout Find Target 001, atur tatanan pada bagian Color By Speed untuk menembahkan kecepatan gerakan partikel.
8.     Atur Ponit Close Surface dan aktifkan Icon untuk membuat gerakan partikel selalu mendaftar dan menuju pusat icon
9.     Klik dan dan seret operator Delete dari depot masuk ke dalam event Display untuk membentuk event baru yaitu Event 002.
10.          Geser titik lingkaran kecil di samping Find target 001, geser ke lingkaran event 002 untuk menghubungkan antar event sehingga setiap partikel yang sudah sampai di ikon find target 001 akan di hapus.
11.          Klik Event 001 hingga warnanya berubah menjadi putih. Klik kanan event 001 dan pilih Properties.
12.          Nonaktifkan pilihan Renderable dan kl;ik OK agar pertikel tidak ikut dirender

0 komentar:

Post a Comment