4 May 2018

OPERASI DASAR KOMPUTER


OPERASI DASAR KOMPUTER


Dewasa ini komputer makin berperan dalam kehidupan manusia. Beberapa kegiatan dalam kehidupan sehari hari terutama di lingkungan perkantoran tidak lepas dari penggunaan komputer. Manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitasnya dengan bantuan komuter. Manusia menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan, misalnya membuat laporan, menulis cerita pendek, maupun membuat kartu ucapan. Mungkin juga anda menggunakan komputer untuk menyalurkan kegemaran, seperti membuat film animasi, mendesain poster, membuat kartu nama, maupun main game. Komputer hanyalah sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hasil akhir yang di peroleh bengantung kepada kemampuan manusia dalam mengoperasikan komputer tersebut.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas bagaimana mengaktifkan komputer dan mematikan komputer sesuai prosedur. Sebelum kita melangkah lebih lanjut marikita pelajari terlebih dahulu  tentang komponen-komponen komputer.
A.      Komponen perangkat pendukung sebuah komputer terdiri dari beberapa komponen utama, seperti :
1.       Monitor
Merupakan layar untuk menampilkan program dan data yang sedang diproses.
2.       Keyboard
Merupakan papan ketik yang berguna untuk memberi perintah pada komputer.
3.       Mouse
Merupakan perngkat pointing device untuk mengetik menu atau tombol yang ditampilkan layar.
4.       Casing
Merupakan komponen berisikan banyak perangkat yang digunakan untuk pemrosesan
5.       Sepeaker
Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghasilkan suara
6.       Printer
Merupakan perangkat yang digunakan untuk mencetak data kedokumen kertas.
Bagian paling penting pada sistem pada komputer adalah CPU. Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagia depan dan balangkanya perlu kita kenali dengan baik. Bagian depan CPU digunakan untuk menempatkan tombol Power, Restart dan tempat pembaca CD/DVD tau disket. Bagian Belakang kotak CPU digunakan untuk menempatkan berbagai jenis Port dan jolokan untuk menghubungkan komputer dengan berbagai macam perangkat pendukung lainnya.

B.      Mengenali Port dan konektor pada komputer
Hal pertama yang harus di ketahuidalam penggunaan komputer adalah memahami bentuk dan kegunaan port di bagian belakang dari casing komputer. Port-port tersebut digunakan untuk menghubungkan dengan monitor, Keyboard, mouase, Moden dan periferal lainnya. Pemasangan Port pada komputer harus sesuai dengan posisinya, agar dapat berfunfsi sebagaimana mestinya. Berikut beberapa jenis port yang terdapat pada sistem komputer.
1.       Universal serial BUS atau USB Port
2.       Paralel Port
3.       PS/2 Port
4.       Expantion slot
5.       Ethernet port (port jarningan)
6.       Line in, line out dan microphont
Setelah kita mengenal beberapa komponen port berikutnya mari kita pelajari bagaimana cara mengaktifkan Komputer dengan benar. Dalam mengoperasikan komputer, kita harus mengetahui prosedur mengaktifkan komputer dengan benar. Jika prosedur tersebut tidak dilakukan secara benar, akan berakibat kerusakan pada software dan hardware komputer. Dalam proses mengaktifkan komputer di kenal dengan istilah booting. Booting merupakan suatu program yang isi printah-perintah yang digunakan dan difungsikan untuk memulai, memeriksa, dan mengomunikasikan dengan disk drive, keyboard dan monitor. Booting dibedakan menjadi dua yaitu cold booting dan warm booting.
1.       Cold booting
Merupakan cara menyalakan komputer dari proses awal, yaitu komputer masih dalam keadaan dingin atau masih dalam posisi off. Cara mengaktifkan komputer pada cold booting dengan menekan tombol power pada CPU
2.       Warm booting
Proses menjalankan komputer dari komputer yang sudah keadaan hidup dengan menekan tombol restart pada CPU. Selain itu, cara menjalankan warm booting dengan menekan tombol-tombol CTRL+Alt+del secara bersama. Warm booting biasa dilakukan apabila komputer yang sedang beroperasi mengalami gangguan sehingga menyebabkan komputer hang dan harus restart ulang.
Setelah anda berhasil menhubungakan semua peralatan komputer, proses selanjutnya adalah mengaktifkan komputer sesuai prosedur yang benar. Laangkah langkah untuk mengaktifkan komputer sesaui prosedur yang benar sebagai berikut :
1.       Pastikan semua peralatan komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
2.       Lakukan pengecekan drive Flopy disk, jika didalamnya terdapat disket, lebih baik disket tersebut diambil terlebih dahulu.
3.       Apabila komputer terhubung dengan UPS dan atau stabilyser. Nyalakan dulu UPS tersebut dengan menekan tombol power on pada CPU.
4.       Nyaalakan komputer dengan menekan tombol power pada CPU dan monitor, kemudian tunggu komputer selesai melakukan booting.
5.       Selesai.
Nah pejelasan diatas merupakan prosedur bagaimana menyalakan komputer denga benar berikutnya mari kita pelajari bagaimana cara mematikan komputer dengan benar.
Prosedur mematikan komputer yang benar dengan cara logout (keluar dari sistem), kemudian melakukan proses shutdown. Fungsi shutdown untuk menonfugsikan sistem operasi dan perangkat keras lainnya dalam keadaan mati atau off. Lanhkah – langkah atau prosedur yang hars dilakukan dalam mematikan komputer yang benar sebagai berikut :
1.       Klik start pada taksbar, kemudian klik trun off komputer.
2.       Pada kotak dialog trun off komputer, terdapat beberapa pilihan ikon seperti berikut
a.       Hibernate
b.      Stanbay
c.       Trun off
d.      Restart
3.       Untuk mematikan komputer klik tombol trun off
4.       Tunggu proses logout sistem sampai komputer mati sendiri (otomatis komputer mati sendiri).
5.       Kemudian matikan monitor dan stabilyser atau UPS.

0 komentar:

Post a Comment