17 May 2018

Mengenal Adobe Photoshop CS6


Mengenal Adobe Photoshop CS6

1.       Memulai Adobe Photoshop CS6
Adobe Photoshop CS6 merupakan program gambar dan foto yang semakin digemari oleh para Designer dan Photografer. Beberapa perubahan dan fitur terbaru memberikan banyak kemudahan dalam hal pengolahan file dan editing maupun modifikasi sebuah foto, diantaranya adalah editing photo digital. Editing foto digital merupakan suatu pengolahan foto digital menjadi karya desain yang memiliki unsur seni dan keindahan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang editing foto digital, kita harus mengenal terelbih dahulu Program Photoshop CS6 sebagai Program terbaik dalam hal mengolah foto digital.

Sebagai tahap awal untuk memulai bekerja dengan Photoshop CS6, bukanlah program tersebut dengan menggunakan langkah : klik Start à All Programs à Adobe à Photoshop CS6.

Selanjutnya akan tampil Program Photoshop CS6 seperti dibawah ini



Setelah program Adobe Photoshop CS6 terbuka, kita harus mengerti dan memahami fungsi setiap tampilan yang tampak pada jendela program Adobe Photoshop CS6

2.       Panel – Panel Pada Jendela Adobe Photoshop CS6
Berikut ini akan dijelaskan panel panel penting yang terdapat pada Photoshop CS6 yang sangat diperlukan dalam sebuah editing foto digital.
A.      Menu Bar
Merupakan baris menu yang berisi daftar – daftar perintah untuk mengatur File, mengolah layer dan dokumen, serta berisi perintah untuk memberi efek/filter dan megatur tampilan panel



Saat pertama kali jendela Adobe Photoshop terbuka, kita dapat melihat pilihan menu utama yaitu, File, Edit, Layer, Type, Select, Filter, View, Windows, dan Help.

B.      Panel Control
Merupakan bagian yang berisi sekumpulan tombol yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu. Perintah-perintah tersebut menyesuaikan dengan too yang terpilih pada Panel Tools.

C.      Panel Tools
Merupakan sebuah kotak yang berisi sejumlah tool (tombolperintah yang digunakan untuk mengelola, mengedit, mengatur objek yang akan dikerjakan. Dapat dikatakan, Panel Tools merupakan hal paling penting pada Adobe Photoshop dan akan sering digunakan.




Kita tidak akan menjeelaskan satu persatu fungsi dari setiap tools-tool di atas, hanya memebahas lebih lanjut fungsi dari tool tersebut pada bab selanjutnya khusus tool untuk editing foto digital.
A.      Dock Panel

Merupakan bagian yang menampung panel – panel yang tersedia pada Photoshop sedangkan fungsi dari panel sendiri adalah untuk mengolah dan memanipulasi objek lanjut secara lebih detail dan kompleks. Setiap panel memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar dari beberapa panel yang sering digunanakan untuk editing foto diigital.

1.       Panel Layer
Layer merupakan tampilan yang mewakili setiap objek yang berbeda pada lembar kerja, sedangkan panel layer merupakan sebuah panel yang menampung layer-layer dari suatu objek.

2.       Panel Channels
Untuk menyelesaikan objek-objek yang rumit, seperti menyeleksi rambut dan objek – objek yang kompleks.

3.       Panel Color
Panel Color memiliki fungsi untuk memilih warna Pada Foreground dan Background dengan cara menggeser slider warna  R, G, B, hingga memperoleh kombinasi warna yang tepat.
Selain menggunakan panel Color, kita juga dapat menggunakan Set Foreground/Background color pada panel Tools. Untuk memilih pada foreground/background cukup dobel klik pada foreground/background kemudian pilih warna yang di kehendaki

4.       Panel Adjustments
Merupakan panel yang berisi perintah perintah yang berfungsi untuk mengatur pancahayaan objek, seperti mengatur gelap terang objek, mengatur kontras objek mengatur warna gambar, dan lain sebagainya.
Perintah – perintah pada panel adjustments akan dibahas secara mendalam pada bab selanjutnya.

5.       Tab Dokumen
Merupakan bagian yang menampung nama nama dokumen yang sedang aktif. Setiap kita membuat dokumen baru, maka akan di tempatkan pada tab baru begitu juga ketika membuka file gambar baru maka akan ditempatkan pada tab baru pula.

0 komentar:

Post a Comment