1.
Dalam dunia
animasi digital, terdapat istilah yang merujuk pada upaya menciptakan gerakan
dari benda mati atau objek yang secara alami tidak memiliki kemampuan bergerak.
Usaha ini dilakukan dengan cara menyusun gambar secara berurutan dalam waktu
singkat sehingga tercipta ilusi seolah-olah objek tersebut hidup dan bergerak.
Istilah yang tepat untuk menggambarkan proses tersebut adalah...
a.
Animasi
b.
Storyboard
c.
Flowchart
d.
Zoetrope
e.
Tweening
2.
Salah satu
teknik dalam pembuatan animasi digital adalah menggerakkan sebuah objek dari
satu titik ke titik lain dalam ruang kerja, tanpa harus menggambar ulang setiap
tahap perpindahan. Teknik ini memungkinkan objek bergerak secara mulus sesuai
lintasan yang ditentukan oleh animator melalui keyframTeknik animasi yang
dimaksud adalah...
a.
Motion Tween
b.
Tweening
c.
Shape Tween
d.
Animation
e.
Movement Tween
3.
Dalam produksi
video dan animasi, terdapat satuan yang digunakan untuk menunjukkan jumlah
gambar (frame) yang ditampilkan dalam setiap detik pemutaran. Semakin tinggi
nilai satuan ini, semakin halus pergerakan dalam animasi tersebut. Satuan yang
digunakan untuk menyatakan banyaknya frame per detik ini adalah...
a.
Sps
b.
M/s²
c.
Dpi
d.
Fps
e.
Byte
4.
Ketika kita
ingin membuat efek visual berupa transparansi pada suatu objek dalam animasi
digital—sehingga objek tersebut terlihat samar atau tampak tembus pandang—pengaturan
warna khusus perlu digunakan. Opsi pengaturan warna yang mampu mengatur tingkat
kejernihan atau keterlihatan objek ini dikenal sebagai...
a.
Ease Out
b.
Alpha
c.
Beta
d.
Omega
e.
Radial
5.
Pada perangkat
lunak desain dan animasi digital, terdapat alat bantu yang sangat penting untuk
menggambar bentuk bebas dengan akurasi tinggi, karena memungkinkan pengguna
menempatkan titik-titik kontrol yang disebut nodTitik-titik ini dapat
disambungkan untuk membentuk kurva atau garis lurus yang lebih presisi. Alat
bantu yang dimaksud adalah...
a.
Brush Tool
b.
Lasso Tool
c.
Pen Tool
d.
Oval Tool
e.
Eraser Tool
6.
Salah satu
teknik animasi yang terkenal adalah stop motion, yaitu teknik di mana objek nyata
difoto satu per satu setelah dipindahkan sedikit demi sedikit sehingga ketika
diputar akan terlihat seperti bergerak. Salah satu serial animasi internasional
yang menggunakan teknik ini dan dikenal luas oleh masyarakat adalah...
a.
SpongeBob
SquarePants
b.
Shaun the Sheep
c.
Avatar: The
Legend of Aang
d.
Donald Duck
e.
Transformers
7.
Sebelum
teknologi komputer digunakan dalam pembuatan animasi, para animator menggunakan
lembar transparan yang disebut celluloid sebagai media menggambar karakter
frame demi framTeknik animasi yang menggunakan media tersebut disebut dengan
istilah...
a.
Animasi 3
Dimensi
b.
Cel Animation
c.
Stop Motion
d.
Storyboard
Animation
e.
Scene Animation
8.
Saat menggunakan
perangkat lunak Adobe Flash untuk membuat animasi, file proyek yang berisi
susunan layer, objek, dan perintah-perintah interaktif disimpan dalam format
tertentu. File ini dapat dibuka dan diedit kembali sewaktu-waktu oleh
penggunEkstensi file dari proyek tersebut adalah...
a.
.exe
b.
.fla
c.
.swf
d.
.gif
e.
.html
9.
Dalam produksi
animasi clay atau plastisin, karakter-karakter dibuat dari bahan khusus yang
mudah dibentuk dan berwarna-warni. Bahan ini menjadi ciri khas dalam teknik
stop motion seperti yang digunakan dalam film Chicken Run atau Shaun the Sheep.
Bahan yang dimaksud adalah...
a.
Tanah liat
b.
Kerangka besi
c.
Plastik
d.
Kertas
e.
Plastisin
10. Dalam proses desain objek dalam perangkat lunak animasi, terdapat
alat yang memungkinkan pengguna untuk memutar, memperbesar, memperkecil, serta
memiringkan objek secara bebas. Fungsi ini penting untuk mengatur komposisi
visual dalam suatu adegan. Nama alat bantu yang dimaksud adalah...
a.
Free Transform
Tool
b.
Rotate Tool
c.
Skew Tool
d.
Zoom Tool
e.
Hand Tool
11. Agar suatu objek atau tombol dalam animasi dapat memberikan respons
terhadap aksi pengguna—misalnya saat diklik atau disentuh—maka perlu ditambahkan
kode atau perintah tertentu. Perintah ini merupakan bagian dari pemrograman
interaktif dalam animasi dan dikenal dengan istilah...
a.
Properties
b.
ActionScript
c.
Frame
d.
Timeline
e.
Animation
12. Untuk dapat menjalankan file animasi yang berformat *.swf pada
browser seperti Mozilla Firefox, pengguna memerlukan plug-in khusus yang
berfungsi sebagai pemutar animasi tersebut. Nama plug-in yang secara umum
digunakan untuk menampilkan file animasi jenis ini adalah...
a.
RealPlayer
b.
Adobe Acrobat
Reader
c.
Yahoo
Application
d.
Adobe AIR
e.
Adobe Flash
Player
13. Dalam animasi digital, terdapat teknik di mana animator hanya
menentukan posisi awal dan akhir dari suatu gerakan, sedangkan sistem komputer
akan secara otomatis mengisi pergerakan di antara kedua posisi tersebut. Teknik
ini disebut dengan istilah...
a.
Frame
b.
Keyframe
c.
Motion
d.
Blank Frame
e.
Key Motion
14. Saat pertama kali membuka perangkat lunak Macromedia Flash 8 dan
membuat dokumen baru, pengguna akan mendapati ukuran panggung (stage) default
yang telah ditentukan oleh sistem. Ukuran standar ini dapat diubah sesuai
kebutuhan proyek, namun secara bawaan memiliki ukuran sebesar...
a.
800 × 600
piksel
b.
600 × 800
piksel
c.
550 × 400
piksel
d.
400 × 550
piksel
e.
280 × 800
piksel
15. Proses produksi animasi secara umum terbagi menjadi tiga tahapan
utama yang harus dilakukan secara berurutan agar hasilnya optimal, mulai dari
tahap perencanaan konsep hingga distribusi hasil akhir. Urutan tahapan yang
benar dalam pembuatan animasi adalah...
Pra Produksi →
Produksi → Pasca Produksi
a.
Pasca Produksi
→ Produksi → Pra Produksi
b.
Pra Produksi →
Pasca Produksi → Produksi
c.
Produksi → Pra
Produksi → Pasca Produksi
d.
Produksi →
Pasca Produksi → Pra Produksi
16. Sebelum teknologi komputer berkembang pesat, para seniman
menggunakan alat sederhana untuk menciptakan ilusi gerakan. Salah satu alat
tersebut memutar rangkaian gambar dalam sebuah tabung berlubang, sehingga
gambar terlihat hidup saat tabung diputar. Alat klasik ini disebut...
a.
Flipbook
b.
Zoetrope
c.
Kamera
d.
Lensa
e.
OHP
17. Dalam proses produksi animasi, diperlukan perencanaan visual awal berupa
gambar sketsa sederhana yang disusun berdasarkan urutan ceritGambar-gambar ini
berfungsi untuk menggambarkan alur cerita sebelum diproduksi menjadi animasi
bergerak. Perencanaan visual ini disebut...
a.
Film
b.
Storyboard
c.
Video
d.
Game
e.
Animasi
18. Sebelum membuat storyboard secara lengkap dan terstruktur, seorang
animator biasanya memulai dengan menentukan ide pokok cerita dan menggambar
kerangka visual berupa adegan utamProses awal dalam menyusun storyboard ini
dimulai dengan...
a.
Membuat sketsa
sederhana
b.
Menggambar
background digital
c.
Menentukan
ukuran frame
d.
Menulis script
narasi
e.
Mengedit gambar
19. Jenis animasi yang paling dasar dalam dunia pembuatan animasi
adalah ketika satu gambar dimunculkan dalam satu frame dan diubah perlahan pada
frame berikutnya tanpa ada efek atau perubahan bentuk yang kompleks. Jenis
animasi ini dikenal dengan istilah...
a.
Blank Keyframe
b.
Keyframe
c.
Frame
d.
Animasi Rotasi
e.
Animasi Frame
20. Dalam dunia animasi, teknik yang digunakan untuk memberikan sifat,
perilaku, atau kemampuan manusia kepada karakter non-manusia seperti hewan,
tumbuhan, atau benda mati disebut...
a.
Enthupphic
Character
b.
Enthropomorphic
Character
c.
Anthropomorphic
Character
d.
Ethnopomorphic
Character
e.
Anthropic Model
21. Dalam dunia animasi 2 dimensi, frame merupakan bagian penting dari
timeline yang digunakan untuk mengatur urutan gambar agar tercipta gerakan.
Namun, untuk membuat suatu perubahan besar dalam gerakan atau bentuk, animator
akan menandai frame tersebut dengan perintah khusus agar sistem mengenalinya
sebagai titik awal atau akhir suatu gerak. Istilah yang digunakan untuk frame
penting tersebut adalah...
a.
Motion Path
b.
Keyframe
c.
Timeline Marker
d.
Scene Frame
e.
Mainframe
22. Dalam membuat sebuah animasi interaktif di perangkat lunak seperti
Adobe Flash, seorang animator perlu menambahkan perintah khusus agar objek
dalam animasi dapat merespons tindakan penggunPerintah tersebut ditulis dalam
bahasa pemrograman dan menjadi bagian penting dari interaktivitas animasi.
Bahasa pemrograman yang dimaksud adalah...
a.
JavaScript
b.
ActionScript
c.
Python
d.
HTML
e.
Visual Basic
23. Pada proses pembuatan animasi, terdapat metode yang mengandalkan
penciptaan bentuk-bentuk baru yang berubah secara bertahap dari satu wujud ke
wujud lainnyMetode ini tidak menggunakan perpindahan posisi objek, melainkan
perubahan bentuk itu sendiri. Teknik animasi ini dikenal sebagai...
a.
Shape Tween
b.
Motion Tween
c.
Morphing
d.
Rotation
e.
Frame Change
24. Storyboard adalah salah satu tahapan penting dalam perencanaan animasi
yang digunakan untuk memvisualisasikan alur cerita sebelum animasi diproduksi.
Gambar-gambar dalam storyboard disusun secara berurutan untuk menunjukkan
urutan kejadian dalam ceritFungsi utama storyboard dalam proses produksi
animasi adalah...
a.
Menentukan
durasi film
b.
Menyusun
dialog karakter
c.
Mempermudah
proses editing
d.
Menjadi
panduan visual dalam produksi
e.
Menentukan
warna objek animasi
25. Dalam animasi 2 dimensi, terdapat istilah yang digunakan untuk
menggambarkan area kerja utama yang menampilkan elemen visual dari animasi. Di
area inilah pengguna dapat menempatkan objek, karakter, dan latar belakang
untuk kemudian diatur dalam waktu dan gerakan. Area ini disebut dengan
istilah...
a.
Canvas
b.
Layer
c.
Stage
d.
Frame
e.
Background
26. Ketika seorang animator ingin mengatur urutan waktu dan pengulangan
pergerakan dalam animasi, ia akan menggunakan garis waktu yang terdiri atas
frame-framGaris waktu ini menjadi acuan utama dalam menentukan kapan suatu
objek muncul, bergerak, dan menghilang dalam animasi. Garis waktu ini dikenal
dengan nama...
a.
Layers
b.
Timeline
c.
Scriptboard
d.
Gridline
e.
Key
path
27. Dalam proses produksi animasi, bagian pasca produksi merupakan
tahapan akhir yang sangat penting untuk memastikan bahwa hasil animasi dapat
dinikmati dengan baik oleh penonton. Beberapa aktivitas dalam tahap ini
meliputi editing, penambahan suara, dan rendering. Fungsi utama pasca produksi
dalam pembuatan animasi adalah...
a.
Membuat konsep
cerita
b.
Menggambar
sketsa awal
c.
Mengedit dan
menyempurnakan hasil animasi
d.
Menentukan
warna karakter
e.
Mengatur durasi
pembuatan karakter
28. Sebelum membuat animasi digital, seorang animator akan melalui
tahap pra-produksi, yang merupakan langkah awal untuk merancang cerita,
karakter, dan konsep visual. Salah satu dokumen penting yang biasanya dibuat
dalam tahap ini adalah naskah cerita atau script. Fungsi utama dari script dalam
pra-produksi adalah...
a.
Menentukan
kecepatan animasi
b.
Mengatur posisi
kamera
c.
Menyusun alur
cerita dan dialog
d.
Mengatur warna
karakter
e.
Menentukan
ukuran frame
29. Perbedaan mendasar antara animasi 2 dimensi dan 3 dimensi terletak
pada tampilan visualnyJika animasi 2D hanya memiliki tinggi dan lebar, maka
animasi 3D memiliki satu tambahan dimensi yang membuatnya terlihat lebih
nyatDimensi tambahan dalam animasi 3 dimensi adalah...
a.
Suara
b.
Gerakan
c.
Kedalaman
(depth)
d.
Warna
e.
Volume
30. Dalam animasi digital, terdapat teknik untuk mengatur kecepatan dan
kelambatan gerak suatu objek dalam rentang waktu tertentu. Teknik ini digunakan
agar gerakan tampak lebih alami karena objek tidak selalu bergerak dengan
kecepatan yang samTeknik yang digunakan untuk mengatur kecepatan gerakan objek
ini disebut...
a.
Blur
b.
Slow Motion
c.
Ease In dan
Ease Out
d.
Stretching
e.
Squash
31. Salah satu alat dalam perangkat lunak animasi yang memungkinkan
pengguna untuk menghapus bagian tertentu dari objek atau gambar adalah Eraser
Tool. Alat ini sangat penting saat pengguna ingin membersihkan bagian yang
tidak diinginkan dalam sebuah framFungsi utama dari Eraser Tool adalah...
a.
Menggambar
bentuk
b.
Menghapus
bagian objek
c.
Memutar objek
d.
Memindahkan
layer
e.
Menambahkan
efek suara
32. Dalam membuat animasi berbasis vektor di Adobe Flash, bentuk dasar
seperti lingkaran, persegi, dan garis sangat sering digunakan. Alat bantu yang
digunakan untuk menggambar bentuk dasar seperti lingkaran disebut dengan...
a.
Brush Tool
b.
Oval Tool
c.
Pen Tool
d.
Lasso Tool
e.
Line Tool
33. Salah satu jenis animasi yang dibuat dengan cara mengambil gambar
objek nyata secara bertahap lalu disusun menjadi satu kesatuan gerakan dikenal
dengan teknik animasi...
a.
Motion Capture
b.
Claymation
c.
2D Digital
Animation
d.
Cut-Out
Animation
e.
Rotoscope
34. Karakter dalam animasi sering kali memiliki ciri khas yang dapat
dikenali, baik dari bentuk, warna, maupun suarSalah satu tahapan penting dalam
menciptakan karakter adalah mendesain bentuk dan tampilannya agar dapat
menyesuaikan dengan jalan ceritTahapan tersebut dinamakan...
a.
Character
Acting
b.
Character
Modeling
c.
Character
Design
d.
Character
Rendering
e.
Character
Animation
35. Salah satu keunggulan animasi digital dibandingkan animasi manual
adalah adanya fitur undo dan redo. Fitur ini memudahkan pengguna untuk
mengoreksi kesalahan dan mengulang proses tertentu. Fungsi utama dari fitur
undo adalah...
a.
Menyimpan file
proyek
b.
Menyusun
animasi dari awal
c.
Membatalkan
perintah terakhir
d.
Menyisipkan
objek baru
e.
Mengatur
kecepatan animasi
36. Dalam Adobe Flash, fungsi tombol Control + Enter biasanya digunakan
oleh animator untuk melakukan langkah uji coba terhadap hasil pekerjaan yang
telah dibuat. Fungsi utama dari perintah ini adalah...
a.
Menyimpan hasil
animasi
b.
Menjalankan
animasi dalam mode pratinjau
c.
Memulai proyek
baru
d.
Menambahkan
layer baru
e.
Menghapus objek
dalam frame
37. Tingkat keterbacaan dalam pembuatan animasi, terutama untuk teks
atau tulisan dalam animasi edukatif, sangat dipengaruhi oleh jenis huruf yang
digunakan. Oleh karena itu, dalam memilih font untuk animasi pembelajaran,
sebaiknya digunakan font yang bersifat...
a.
Artistik dan
rumit
b.
Tipis dan Panjang
c.
Dekoratif dan
melengkung
d.
Sederhana dan
mudah dibaca
e.
Mirip tulisan
tangan
38. Untuk membuat animasi bergerak secara terus-menerus tanpa henti,
animator dapat menggunakan pengaturan khusus pada timeline atau script. Teknik
ini berguna untuk animasi yang berfungsi sebagai latar belakang atau efek
berulang. Teknik tersebut dikenal dengan istilah...
a.
Motion Path
b.
Looping
c.
Keyframe
d.
Rendering
e.
Transition
39. Sebelum animasi dapat ditampilkan di berbagai perangkat atau
diunggah ke internet, file proyek animasi harus diubah menjadi format tertentu
yang ringan dan mudah diputar di banyak perangkat. Proses ini disebut dengan...
a.
Rendering
b.
Scripting
c.
Editing
d.
Modeling
e.
Capturing
40. Pembuatan animasi yang baik tidak hanya mengandalkan gambar yang
menarik, tetapi juga memerlukan alur cerita yang runtut dan memiliki konflik,
klimaks, dan penyelesaian. Bagian dari proses perencanaan cerita yang
menggambarkan ide pokok dan kerangka cerita disebut...
a.
Naskah cerita
(Script)
b.
Dialog
c.
Storyboard
d.
Sinopsis
e.
Premis
I.
41. Seorang siswa SMK sedang membuat proyek animasi 2 dimensi menggunakan perangkat
lunak berbasis vektor. Ia ingin objek dalam animasinya berpindah dari kiri ke
kanan secara otomatis tanpa perlu menggambar ulang setiap gerakan secara
manual. Untuk itu, ia menggunakan teknik animasi yang memungkinkan perubahan
posisi objek dari satu titik ke titik lainnya secara bertahap.
Tuliskan nama teknik animasi yang digunakan oleh siswa tersebut!
42. Dalam proses membuat storyboard untuk animasi edukasi, seorang
animator menyusun rangkaian gambar yang mewakili urutan kejadian dari awal
hingga akhir cerita. Setiap gambar dilengkapi dengan keterangan adegan dan
dialog agar mudah dipahami tim produksi.
Apa nama
dokumen perencanaan visual yang sedang dibuat oleh animator tersebut?
43. Seorang
siswa ingin menambahkan efek transparan pada sebuah gambar awan di animasinya
agar tampak lebih nyata dan menyatu dengan latar belakang langit. Ia mengatur
tingkat kejelasan objek tersebut menggunakan fitur pengaturan warna tertentu
pada perangkat lunak animasi.
Apa nama pengaturan warna yang digunakan untuk memberikan efek transparan
pada objek tersebut?
44. Dalam tugas animasi, seorang peserta didik diminta untuk membuat
karakter kucing yang dapat berjalan dan mengedipkan mata. Ia menempatkan
titik-titik perubahan utama dalam pergerakan kaki dan mata kucing untuk
kemudian dianimasikan oleh komputer.
Apa
istilah untuk frame penting yang menandai titik awal dan akhir perubahan gerak
dalam animasi tersebut?
45.
Saat menonton
film animasi Shaun the Sheep, siswa memperhatikan
bahwa semua gerakan karakter dibuat dari objek nyata yang difoto satu per satu
lalu disusun menjadi rangkaian gerak. Teknik animasi ini membutuhkan kesabaran
tinggi karena setiap gerakan dibuat manual.
Sebutkan
nama teknik animasi yang digunakan dalam pembuatan film tersebut!
0 komentar:
Post a Comment