20 May 2025

Latihan Soal MPP Animasi Semester 2 Kelas XI

 

1.        Dalam dunia animasi digital, terdapat istilah yang merujuk pada upaya menciptakan gerakan dari benda mati atau objek yang secara alami tidak memiliki kemampuan bergerak. Usaha ini dilakukan dengan cara menyusun gambar secara berurutan dalam waktu singkat sehingga tercipta ilusi seolah-olah objek tersebut hidup dan bergerak. Istilah yang tepat untuk menggambarkan proses tersebut adalah...


a.         Animasi

b.         Storyboard

c.         Flowchart

d.         Zoetrope

e.         Tweening


2.        Salah satu teknik dalam pembuatan animasi digital adalah menggerakkan sebuah objek dari satu titik ke titik lain dalam ruang kerja, tanpa harus menggambar ulang setiap tahap perpindahan. Teknik ini memungkinkan objek bergerak secara mulus sesuai lintasan yang ditentukan oleh animator melalui keyframTeknik animasi yang dimaksud adalah...


a.         Motion Tween

b.         Tweening

c.         Shape Tween

d.         Animation

e.         Movement Tween


3.        Dalam produksi video dan animasi, terdapat satuan yang digunakan untuk menunjukkan jumlah gambar (frame) yang ditampilkan dalam setiap detik pemutaran. Semakin tinggi nilai satuan ini, semakin halus pergerakan dalam animasi tersebut. Satuan yang digunakan untuk menyatakan banyaknya frame per detik ini adalah...


a.         Sps

b.         M/s²

c.         Dpi

d.         Fps

e.         Byte


4.        Ketika kita ingin membuat efek visual berupa transparansi pada suatu objek dalam animasi digital—sehingga objek tersebut terlihat samar atau tampak tembus pandang—pengaturan warna khusus perlu digunakan. Opsi pengaturan warna yang mampu mengatur tingkat kejernihan atau keterlihatan objek ini dikenal sebagai...


a.         Ease Out

b.         Alpha

c.         Beta

d.         Omega

e.         Radial


5.        Pada perangkat lunak desain dan animasi digital, terdapat alat bantu yang sangat penting untuk menggambar bentuk bebas dengan akurasi tinggi, karena memungkinkan pengguna menempatkan titik-titik kontrol yang disebut nodTitik-titik ini dapat disambungkan untuk membentuk kurva atau garis lurus yang lebih presisi. Alat bantu yang dimaksud adalah...


a.         Brush Tool

b.         Lasso Tool

c.         Pen Tool

d.         Oval Tool

e.         Eraser Tool


6.        Salah satu teknik animasi yang terkenal adalah stop motion, yaitu teknik di mana objek nyata difoto satu per satu setelah dipindahkan sedikit demi sedikit sehingga ketika diputar akan terlihat seperti bergerak. Salah satu serial animasi internasional yang menggunakan teknik ini dan dikenal luas oleh masyarakat adalah...


a.         SpongeBob SquarePants

b.         Shaun the Sheep

c.         Avatar: The Legend of Aang

d.         Donald Duck

e.         Transformers


7.        Sebelum teknologi komputer digunakan dalam pembuatan animasi, para animator menggunakan lembar transparan yang disebut celluloid sebagai media menggambar karakter frame demi framTeknik animasi yang menggunakan media tersebut disebut dengan istilah...


a.         Animasi 3 Dimensi

b.         Cel Animation

c.         Stop Motion

d.         Storyboard Animation

e.         Scene Animation


8.        Saat menggunakan perangkat lunak Adobe Flash untuk membuat animasi, file proyek yang berisi susunan layer, objek, dan perintah-perintah interaktif disimpan dalam format tertentu. File ini dapat dibuka dan diedit kembali sewaktu-waktu oleh penggunEkstensi file dari proyek tersebut adalah...


a.         .exe

b.         .fla

c.         .swf

d.         .gif

e.         .html


9.        Dalam produksi animasi clay atau plastisin, karakter-karakter dibuat dari bahan khusus yang mudah dibentuk dan berwarna-warni. Bahan ini menjadi ciri khas dalam teknik stop motion seperti yang digunakan dalam film Chicken Run atau Shaun the Sheep. Bahan yang dimaksud adalah...


a.         Tanah liat

b.         Kerangka besi

c.         Plastik

d.         Kertas

e.         Plastisin


10.    Dalam proses desain objek dalam perangkat lunak animasi, terdapat alat yang memungkinkan pengguna untuk memutar, memperbesar, memperkecil, serta memiringkan objek secara bebas. Fungsi ini penting untuk mengatur komposisi visual dalam suatu adegan. Nama alat bantu yang dimaksud adalah...


a.         Free Transform Tool

b.         Rotate Tool

c.         Skew Tool

d.         Zoom Tool

e.         Hand Tool


11.    Agar suatu objek atau tombol dalam animasi dapat memberikan respons terhadap aksi pengguna—misalnya saat diklik atau disentuh—maka perlu ditambahkan kode atau perintah tertentu. Perintah ini merupakan bagian dari pemrograman interaktif dalam animasi dan dikenal dengan istilah...


a.         Properties

b.         ActionScript

c.         Frame

d.         Timeline

e.         Animation


12.    Untuk dapat menjalankan file animasi yang berformat *.swf pada browser seperti Mozilla Firefox, pengguna memerlukan plug-in khusus yang berfungsi sebagai pemutar animasi tersebut. Nama plug-in yang secara umum digunakan untuk menampilkan file animasi jenis ini adalah...


a.         RealPlayer

b.         Adobe Acrobat Reader

c.         Yahoo Application

d.         Adobe AIR

e.         Adobe Flash Player


13.    Dalam animasi digital, terdapat teknik di mana animator hanya menentukan posisi awal dan akhir dari suatu gerakan, sedangkan sistem komputer akan secara otomatis mengisi pergerakan di antara kedua posisi tersebut. Teknik ini disebut dengan istilah...


a.         Frame

b.         Keyframe

c.         Motion

d.         Blank Frame

e.         Key Motion


14.    Saat pertama kali membuka perangkat lunak Macromedia Flash 8 dan membuat dokumen baru, pengguna akan mendapati ukuran panggung (stage) default yang telah ditentukan oleh sistem. Ukuran standar ini dapat diubah sesuai kebutuhan proyek, namun secara bawaan memiliki ukuran sebesar...


a.         800 × 600 piksel

b.         600 × 800 piksel

c.         550 × 400 piksel

d.         400 × 550 piksel

e.         280 × 800 piksel


15.    Proses produksi animasi secara umum terbagi menjadi tiga tahapan utama yang harus dilakukan secara berurutan agar hasilnya optimal, mulai dari tahap perencanaan konsep hingga distribusi hasil akhir. Urutan tahapan yang benar dalam pembuatan animasi adalah...

Pra Produksi → Produksi → Pasca Produksi

a.         Pasca Produksi → Produksi → Pra Produksi

b.         Pra Produksi → Pasca Produksi → Produksi

c.         Produksi → Pra Produksi → Pasca Produksi

d.         Produksi → Pasca Produksi → Pra Produksi

16.    Sebelum teknologi komputer berkembang pesat, para seniman menggunakan alat sederhana untuk menciptakan ilusi gerakan. Salah satu alat tersebut memutar rangkaian gambar dalam sebuah tabung berlubang, sehingga gambar terlihat hidup saat tabung diputar. Alat klasik ini disebut...


a.         Flipbook

b.         Zoetrope

c.         Kamera

d.         Lensa

e.         OHP


17.    Dalam proses produksi animasi, diperlukan perencanaan visual awal berupa gambar sketsa sederhana yang disusun berdasarkan urutan ceritGambar-gambar ini berfungsi untuk menggambarkan alur cerita sebelum diproduksi menjadi animasi bergerak. Perencanaan visual ini disebut...


a.         Film

b.         Storyboard

c.         Video

d.         Game

e.         Animasi


18.    Sebelum membuat storyboard secara lengkap dan terstruktur, seorang animator biasanya memulai dengan menentukan ide pokok cerita dan menggambar kerangka visual berupa adegan utamProses awal dalam menyusun storyboard ini dimulai dengan...


a.         Membuat sketsa sederhana

b.         Menggambar background digital

c.         Menentukan ukuran frame

d.         Menulis script narasi

e.         Mengedit gambar


19.    Jenis animasi yang paling dasar dalam dunia pembuatan animasi adalah ketika satu gambar dimunculkan dalam satu frame dan diubah perlahan pada frame berikutnya tanpa ada efek atau perubahan bentuk yang kompleks. Jenis animasi ini dikenal dengan istilah...


a.         Blank Keyframe

b.         Keyframe

c.         Frame

d.         Animasi Rotasi

e.         Animasi Frame


20.    Dalam dunia animasi, teknik yang digunakan untuk memberikan sifat, perilaku, atau kemampuan manusia kepada karakter non-manusia seperti hewan, tumbuhan, atau benda mati disebut...


a.         Enthupphic Character

b.         Enthropomorphic Character

c.         Anthropomorphic Character

d.         Ethnopomorphic Character

e.         Anthropic Model


21.    Dalam dunia animasi 2 dimensi, frame merupakan bagian penting dari timeline yang digunakan untuk mengatur urutan gambar agar tercipta gerakan. Namun, untuk membuat suatu perubahan besar dalam gerakan atau bentuk, animator akan menandai frame tersebut dengan perintah khusus agar sistem mengenalinya sebagai titik awal atau akhir suatu gerak. Istilah yang digunakan untuk frame penting tersebut adalah...


a.         Motion Path

b.         Keyframe

c.         Timeline Marker

d.         Scene Frame

e.         Mainframe


22.    Dalam membuat sebuah animasi interaktif di perangkat lunak seperti Adobe Flash, seorang animator perlu menambahkan perintah khusus agar objek dalam animasi dapat merespons tindakan penggunPerintah tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman dan menjadi bagian penting dari interaktivitas animasi. Bahasa pemrograman yang dimaksud adalah...


a.         JavaScript

b.         ActionScript

c.         Python

d.         HTML

e.         Visual Basic


23.    Pada proses pembuatan animasi, terdapat metode yang mengandalkan penciptaan bentuk-bentuk baru yang berubah secara bertahap dari satu wujud ke wujud lainnyMetode ini tidak menggunakan perpindahan posisi objek, melainkan perubahan bentuk itu sendiri. Teknik animasi ini dikenal sebagai...


a.         Shape Tween

b.         Motion Tween

c.         Morphing

d.         Rotation

e.         Frame Change


24.    Storyboard adalah salah satu tahapan penting dalam perencanaan animasi yang digunakan untuk memvisualisasikan alur cerita sebelum animasi diproduksi. Gambar-gambar dalam storyboard disusun secara berurutan untuk menunjukkan urutan kejadian dalam ceritFungsi utama storyboard dalam proses produksi animasi adalah...


a.         Menentukan durasi film

b.         Menyusun dialog karakter

c.         Mempermudah proses editing

d.         Menjadi panduan visual dalam produksi

e.         Menentukan warna objek animasi


25.    Dalam animasi 2 dimensi, terdapat istilah yang digunakan untuk menggambarkan area kerja utama yang menampilkan elemen visual dari animasi. Di area inilah pengguna dapat menempatkan objek, karakter, dan latar belakang untuk kemudian diatur dalam waktu dan gerakan. Area ini disebut dengan istilah...


a.         Canvas

b.         Layer

c.         Stage

d.         Frame

e.         Background


26.    Ketika seorang animator ingin mengatur urutan waktu dan pengulangan pergerakan dalam animasi, ia akan menggunakan garis waktu yang terdiri atas frame-framGaris waktu ini menjadi acuan utama dalam menentukan kapan suatu objek muncul, bergerak, dan menghilang dalam animasi. Garis waktu ini dikenal dengan nama...


a.         Layers

b.         Timeline

c.         Scriptboard

d.         Gridline

e.         Key path


27.    Dalam proses produksi animasi, bagian pasca produksi merupakan tahapan akhir yang sangat penting untuk memastikan bahwa hasil animasi dapat dinikmati dengan baik oleh penonton. Beberapa aktivitas dalam tahap ini meliputi editing, penambahan suara, dan rendering. Fungsi utama pasca produksi dalam pembuatan animasi adalah...


a.         Membuat konsep cerita

b.         Menggambar sketsa awal

c.         Mengedit dan menyempurnakan hasil animasi

d.         Menentukan warna karakter

e.         Mengatur durasi pembuatan karakter


28.    Sebelum membuat animasi digital, seorang animator akan melalui tahap pra-produksi, yang merupakan langkah awal untuk merancang cerita, karakter, dan konsep visual. Salah satu dokumen penting yang biasanya dibuat dalam tahap ini adalah naskah cerita atau script. Fungsi utama dari script dalam pra-produksi adalah...


a.         Menentukan kecepatan animasi

b.         Mengatur posisi kamera

c.         Menyusun alur cerita dan dialog

d.         Mengatur warna karakter

e.         Menentukan ukuran frame


29.    Perbedaan mendasar antara animasi 2 dimensi dan 3 dimensi terletak pada tampilan visualnyJika animasi 2D hanya memiliki tinggi dan lebar, maka animasi 3D memiliki satu tambahan dimensi yang membuatnya terlihat lebih nyatDimensi tambahan dalam animasi 3 dimensi adalah...


a.         Suara

b.         Gerakan

c.         Kedalaman (depth)

d.         Warna

e.         Volume


30.    Dalam animasi digital, terdapat teknik untuk mengatur kecepatan dan kelambatan gerak suatu objek dalam rentang waktu tertentu. Teknik ini digunakan agar gerakan tampak lebih alami karena objek tidak selalu bergerak dengan kecepatan yang samTeknik yang digunakan untuk mengatur kecepatan gerakan objek ini disebut...


a.         Blur

b.         Slow Motion

c.         Ease In dan Ease Out

d.         Stretching

e.         Squash


31.    Salah satu alat dalam perangkat lunak animasi yang memungkinkan pengguna untuk menghapus bagian tertentu dari objek atau gambar adalah Eraser Tool. Alat ini sangat penting saat pengguna ingin membersihkan bagian yang tidak diinginkan dalam sebuah framFungsi utama dari Eraser Tool adalah...


a.         Menggambar bentuk

b.         Menghapus bagian objek

c.         Memutar objek

d.         Memindahkan layer

e.         Menambahkan efek suara


32.    Dalam membuat animasi berbasis vektor di Adobe Flash, bentuk dasar seperti lingkaran, persegi, dan garis sangat sering digunakan. Alat bantu yang digunakan untuk menggambar bentuk dasar seperti lingkaran disebut dengan...


a.         Brush Tool

b.         Oval Tool

c.         Pen Tool

d.         Lasso Tool

e.         Line Tool


33.    Salah satu jenis animasi yang dibuat dengan cara mengambil gambar objek nyata secara bertahap lalu disusun menjadi satu kesatuan gerakan dikenal dengan teknik animasi...


a.         Motion Capture

b.         Claymation

c.         2D Digital Animation

d.         Cut-Out Animation

e.         Rotoscope


34.    Karakter dalam animasi sering kali memiliki ciri khas yang dapat dikenali, baik dari bentuk, warna, maupun suarSalah satu tahapan penting dalam menciptakan karakter adalah mendesain bentuk dan tampilannya agar dapat menyesuaikan dengan jalan ceritTahapan tersebut dinamakan...


a.         Character Acting

b.         Character Modeling

c.         Character Design

d.         Character Rendering

e.         Character Animation


35.    Salah satu keunggulan animasi digital dibandingkan animasi manual adalah adanya fitur undo dan redo. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengoreksi kesalahan dan mengulang proses tertentu. Fungsi utama dari fitur undo adalah...


a.         Menyimpan file proyek

b.         Menyusun animasi dari awal

c.         Membatalkan perintah terakhir

d.         Menyisipkan objek baru

e.         Mengatur kecepatan animasi


36.    Dalam Adobe Flash, fungsi tombol Control + Enter biasanya digunakan oleh animator untuk melakukan langkah uji coba terhadap hasil pekerjaan yang telah dibuat. Fungsi utama dari perintah ini adalah...


a.         Menyimpan hasil animasi

b.         Menjalankan animasi dalam mode pratinjau

c.         Memulai proyek baru

d.         Menambahkan layer baru

e.         Menghapus objek dalam frame


37.    Tingkat keterbacaan dalam pembuatan animasi, terutama untuk teks atau tulisan dalam animasi edukatif, sangat dipengaruhi oleh jenis huruf yang digunakan. Oleh karena itu, dalam memilih font untuk animasi pembelajaran, sebaiknya digunakan font yang bersifat...


a.         Artistik dan rumit

b.         Tipis dan Panjang

c.         Dekoratif dan melengkung

d.         Sederhana dan mudah dibaca

e.         Mirip tulisan tangan


38.    Untuk membuat animasi bergerak secara terus-menerus tanpa henti, animator dapat menggunakan pengaturan khusus pada timeline atau script. Teknik ini berguna untuk animasi yang berfungsi sebagai latar belakang atau efek berulang. Teknik tersebut dikenal dengan istilah...


a.         Motion Path

b.         Looping

c.         Keyframe

d.         Rendering

e.         Transition


39.    Sebelum animasi dapat ditampilkan di berbagai perangkat atau diunggah ke internet, file proyek animasi harus diubah menjadi format tertentu yang ringan dan mudah diputar di banyak perangkat. Proses ini disebut dengan...


a.         Rendering

b.         Scripting

c.         Editing

d.         Modeling

e.         Capturing


40.    Pembuatan animasi yang baik tidak hanya mengandalkan gambar yang menarik, tetapi juga memerlukan alur cerita yang runtut dan memiliki konflik, klimaks, dan penyelesaian. Bagian dari proses perencanaan cerita yang menggambarkan ide pokok dan kerangka cerita disebut...


a.         Naskah cerita (Script)

b.         Dialog

c.         Storyboard

d.         Sinopsis

e.         Premis


 

 

I.     

41.    Seorang siswa SMK sedang membuat proyek animasi 2 dimensi menggunakan perangkat lunak berbasis vektor. Ia ingin objek dalam animasinya berpindah dari kiri ke kanan secara otomatis tanpa perlu menggambar ulang setiap gerakan secara manual. Untuk itu, ia menggunakan teknik animasi yang memungkinkan perubahan posisi objek dari satu titik ke titik lainnya secara bertahap.
Tuliskan nama teknik animasi yang digunakan oleh siswa tersebut!

42.    Dalam proses membuat storyboard untuk animasi edukasi, seorang animator menyusun rangkaian gambar yang mewakili urutan kejadian dari awal hingga akhir cerita. Setiap gambar dilengkapi dengan keterangan adegan dan dialog agar mudah dipahami tim produksi.
Apa nama dokumen perencanaan visual yang sedang dibuat oleh animator tersebut?

43.    Seorang siswa ingin menambahkan efek transparan pada sebuah gambar awan di animasinya agar tampak lebih nyata dan menyatu dengan latar belakang langit. Ia mengatur tingkat kejelasan objek tersebut menggunakan fitur pengaturan warna tertentu pada perangkat lunak animasi.
Apa nama pengaturan warna yang digunakan untuk memberikan efek transparan pada objek tersebut?

44.    Dalam tugas animasi, seorang peserta didik diminta untuk membuat karakter kucing yang dapat berjalan dan mengedipkan mata. Ia menempatkan titik-titik perubahan utama dalam pergerakan kaki dan mata kucing untuk kemudian dianimasikan oleh komputer.
Apa istilah untuk frame penting yang menandai titik awal dan akhir perubahan gerak dalam animasi tersebut?

45.    Saat menonton film animasi Shaun the Sheep, siswa memperhatikan bahwa semua gerakan karakter dibuat dari objek nyata yang difoto satu per satu lalu disusun menjadi rangkaian gerak. Teknik animasi ini membutuhkan kesabaran tinggi karena setiap gerakan dibuat manual.
Sebutkan nama teknik animasi yang digunakan dalam pembuatan film tersebut!

0 komentar:

Post a Comment